PantaiTempat Wisata

Pantai Kura-Kura : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pantai Kura-Kura – Pulau Kalimantan sudah di kenali dengan kekayaan alamnya yang berlimpah, begitu halnya rekreasi alamnya yang tidak kalah mengagumkan. Satu diantaranya ialah rekreasi Pantai Kura-Kura atau yang lebih di kenali dengan Kura-Kura Beach Singkawang.

Pantai yang berada di barat Kalimantan ini tentunya tidak kalah karisma-nya dengan beberapa pantai yang terlebih dahulu populer di Pulau Kalimantan.

Pantai yang berada di tepian di antara dua kota yaitu Bengkayang dan Kota Singkawang ini mempunyai keelokan laut dan pantai yang paling cantik. pantai ini masih satu garis dengan Pantai Pasir Panjang.

Kenapa pantai ini di sebutkan Pantai Kura-Kura?

Menurut narasi warga di tempat, ini karena dahulu banyak kura-kura yang berkunjung ke tepi pantai untuk bertelur. Tetapi pada realitanya saat ini susah sekali bahkan juga tidak di ketemukan kura-kura yang berkunjung di tepi pantai.

Konon Pantai Kura-Kura ini ialah pantai paling indah di kota Singkawang. Pantai ini ada di Desa Tanjung Gundul, Dusun Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Singkawang, Propinsi Kalimantan Barat.

Tanjung Gandul yang di sebut nama desanya yang maknanya gundul yaitu kering atau tanpa pohon-pohonan dan tanjung ialah pantai. Kabarnya dahulunya pantai ini ada beberapa pohon-pohonan tetapi saat ini tidak berbekas sedikitpun cuman sisa rumput-rumputan, semak dan pantai yang gersang.

Daftar Isi :

Harga Ticket Masuk Pantai Kura-Kura

Anda tak perlu mengambil kantong dalam-dalam untuk dapat masuk teritori ini, dengan bayar sejumlah Rp 10.000 saja karena itu Anda dapat dengan senang nikmati keelokan Pantai Kura-Kura.

Untuk jam operasional pengurus pantai tidak memutuskan batas yang maknanya teritori pantai di buka sepanjang 24 jam.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Kura-Kura

Jarak yang di lakukan untuk ke arah Desa Tanjung dari Kota Singkawang lebih kurang 15 km dan memerlukan waktu pintas lebih kurang 15 menit. Dan jarak di antara Desa Tanjung Gundul ke arah Pantai Kura-Kura sekitaran 3 km sama waktu menempuh 5 menit.

Baca Juga :  Pantai Sopapei : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Hingga jika Anda mengawali perjalanan dari Kota Singkawang ke arah Pantai Kura-Kura karena itu Anda akan tempuh jarak lebih kurang 17 km sama waktu menempuh sekitaran 25 menit.

Lain kembali bila Anda pergi dari ibu-kota Propinsi Kalimantan Barat, Pontianak. Anda akan memerlukan saat yang semakin lama kembali yakni sekitaran 3 jam dalam jarak menempuh lebih kurang 110 km.

Pantai Kura-Kura tidak pada status yang vital hingga masih banyak yang masih kurang tahu mengenai jalan ke arah ke sini. Tetapi sebagai pertanda ialah pantai ini ada dekat training militer SECATA B.

Pantai ini ada di belakang sebuah bukit yang berada di pinggir pantai hingga memang sedikit susah untuk mendapatinya jika Anda bukan datang dari wilayah sini.

Objek Rekreasi Pantai Kura-Kura

Menurut narasi yang tersebar kabarnya pemerintahan Kalimantan barat memang menyengaja biarkan objek rekreasi pantai kura-kura ini pada kondisi apa yang ada.

Alamnya sangat di jaga dengan mengaplikasikan ide rekreasi alam yang menjaga orisinalitas pantainya.

Oleh karena itu teritori Pantai Kura-Kura ini belum juga seutuhnya dapat di jangkau akan saluran listrik. Hingga bila Anda Anda menginap di pantai ini akan rasakan gelap, cuman ada sumber beberapa lampu minyak untuk sumber pada malam hari.

Pemakaian minyak pada tempat pantai ini selainnya mempunyai tujuan memberikan kesan-kesan nuansa seperti daerah nelayan supaya kegiatan yang berada di Pantai kura-kura tidak mengusik kura-kura yang tiba ke pantai ini.

Baca Juga :  Pantai Penganak : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Berikut argumen kenapa alam di pantai ini di  diamkan apa yang ada dengan keadaan alami. Pantai tanpa pembangunan beberapa gedung kekinian yang bahkan juga menghancurkan dan mengganggu komunitas pantai.

Tetapi walaupun demikian, banyak kegiatan yang bisa Anda kerjakan di pantai ini.

1. Panorama Pantai

Pantai Kura-Kura ada di balik bukit kecil di pinggir pantai, hingga pantai ini ada pojok yang d ipenuhi dengan bebatuan dari bukit itu. Di selimuti dengan pasir putih, sepoi-sepoi angin dan deburan ombak yang tenang membuat daya tarik pantai ini makin cantik.

Bila cuaca tidak sedang mendung karena itu Anda bisa menyaksikan pulau yang berada di seberang. Salah satunya pemandangan yang paling cantik di pantai ini ialah saat senja, panorama matahari tenggelam jadi keelokan tertentu yang dapat pelancong saksikan di atas bukit.

2. Berenang dan Bermain Pasir

Keadaan pantai dengan bentangan pasir yang halus dan air yang bersih yang jernih membuat pantai ini pas sekali untuk berenang atau sekadar berjemur di tepi pantai dan bermain pasir.

Tetapi teruslah waspada, karena keselamatan ialah hal yang khusus saat Anda bermain di pantai walau dengan ombak yang tenang.

3. Kemping di Pantai

Anda dapat menginap di pantai ini Singkawang ini dengan membangun tenda atau kemping di pantai ini. Untuk beberapa pelacak, ini bagus sekali untuk di laksanakan oleh anak muda yang berkunjung pantai kura-kura Singkawang ini.

Ini karena anak-anak muda ini ingin nikmati situasi malam hari di sini. Nikmati cantiknya cahaya sinar bulan dan sinar lampu tenda atau cahaya api unggun yang kelihatan benar-benar cantik.

Tetapi untuk pengunjung yang ingin menginap di pantai Singkawang dan tidak mau membangun tenda, dapat memakai cottage atau pemondokan yang berada di sekitaran pantai.

Baca Juga :  Pantai Batu Payung : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Di dekat tempat rekreasi ini ada 2 cottage dan 1 dangau yang mempunyai kekhasan tertentu. Cottage itu dibuat dari beberapa bahan alami di mana Anda dapat bersatu dengan alam di pantai ini.

Tembok cottage di buat dari kayu dan atapnya di buat dari rumbia dan lantai beralas batu bata. Arsitektur bangunan menyengaja di bikin mirip rumah warga di daerah.

Cottage sendiri di buat dengan arah agar di huni bila pelancong bertandang ke pantai ini.

Cottage di buat di perlengkapi dengan 2 kamar dan sarana-fasilitas seperti tempat tidur, bantal, guling, selimut dan lain-lainnya. Dan dangau di buat tidak diperlengkapi dengan kamar.

Harga cottage yang di kontrakkan di pantai ini sebetulnya lumayan mahal yaitu sekitaran Rp 300.000 sampai Rp 500.000 hingga umumnya yang bermalam di pantai ini ialah wisatawan luar negeri.

Dari cottage ini kelihatan bentangan pasir pantai yang warna kuning emas, dengan wujud bibir pantai yang agak miring, air yang jernih seolah percantik pemandangan Pantai Kura-Kura.

3. Pelabuhan Kura-Kura

Sesuai namanya, Pantai ini kerap di kunjungi kura-kura untuk bertelur dan mengisap angin segar. Hingga kedatangan kura-kura di pantai ini jadi peristiwa yang bagus sekali.

Walau singgah-nya kura-kura termasuk jadi kejadian yang langka dan spesial, tetapi di sini tidak ada satu juga di buat tempat penangkaran kura-kura. Tetapi alternative yang di putuskan pengurus ialah jaga pantai pada keadaan yang masih tetap asri.

Selainnya kura-kura, Anda bisa juga mendapati monyet di tempat ini. Anda dapat lakukan aktivitas seperti memberikan makan monyet atau sekadar menyaksikan kegiatan mereka di sekitaran pantai.

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles