Air Terjun

Air Terjun Sumenep Jepara

Sama seperti yang kita kenali, Jepara sebagai gudangnya air terjun. Banyak air terjun dan grenjengan di sini. bahkan juga ada yang sampai menyebutkan jika Jepara kota air terjun. Air terjun ini menyebar di beberapa kecamatan di Jepara, terhitung kecamatan Batealit. di Kecamatan Batealit ada banyak air terjun. Satu diantaranya ialah air terjun Sumenep. Air terjun ini berada di lembah wono pinus setro atau tines. Dari tines diteruskan jalan kaki ke atas kurang lebih 15 menitan. Sepanjang perjalanan kita akan di suguhi panorama ala-ala pegunungan seperti pemandangan bukit-bukit dan tebing dan persawahan di kiri kanan yang hendak menganakemaskan mata dan dapat kita menjadikan sasaran hunting photografi pemandangan alam.

Lokasi Menuju Air Terjun

Saat sebelum tanjakan yang tinggi ada pertigaan, mengambil arah belok ke kiri, turuti jalan yang turun ke arah lembah sekalian menyaksikan status air terjun. Dari terlalu jauh telah kelihatan 3 air terjun tersusun secara berundak.

Apabila sudah melalui sungai kecil, mengambil arah kiri dan turuti jalan setapak sampai turun ke dasar lembah dan melalui persawahan dan seberangi sungai. Sesudah seberangi sungai melalui padang rumput dan sampai juga di air terjun Sumenep yang pertama.

Baca Juga :  Grojogan Sewu Kulon Progo : Lokasi dan Harga Masuk

Letak Air Terjun

Air terjun sumenep kerap disebutkan dengan air terjun Setro, karena terletak di bukit Pinus Setro. Disamping itu ada juga yang menyebutkan air terjun macan mati, karena dahulu sempat ada macan mati disitu. Di air terjun sumenep yang pertama anda dapat nikmati air terjun atau sekedar hanya mendokumentasikan photo anda disitu. karena tempat ini masih asri, tidak boleh corat coret dan buang sampah di sini.

Sesudah senang nikmati keelokan air terjun Sumenep yang pertama, kami meneruskan perjalanan kami ke arah Air terjun yang kedua. Jalan ke arah air terjun yang kedua ini tidak kalah ekstrim sama yang pertama. bahkan juga kami sempat bingung cari jalan ke arah air terjun yang kedua.

Pada akhirnya tiba kami di air terjun yang kedua, air terjun ini lebih cantik bila dibanding sama yang pertama. kami luangkan untuk nikmati air terjun dan mandi di sini. Air terjun ini semakin tinggi dari yang pertama dan air yang lebih deras membuat beberapa dari team kami untuk nikmati sejuknya siraman air terjun dan sesaat melepaskan capek. Tidak cukup nikmati keelokan kedua air terjun ini, kami meneruskan perjalankan ke arah air terjun yang ketiga.

Baca Juga :  Air Terjun Sidoharjo : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Akses ke arah air terjun yang ketiga ini lebih susah dari 2 air terjun yang lain. karena harus jalan telusuri tebing yang jalannya tidak rata dan dan dengan kemiringan di antara 45 derajat bahkan juga ada yang nyaris 90 derajat. perlu extra berhati-hati untuk melalui jalan itu. Selainnya jalannya yang cukup susah, di sini banyak juga pacetnya, sehingga kita harus jaga badan kita supaya tidak terserang hewan itu.

Capek dan lelah kami terbayarkan Lunas sesampai kami datang di Air terjun yang ketiga ini, dengan dinding air terjun yang semakin tinggi dari air terjun yang pertama dan kedua. dan di air terjun yang ketiga ini lebih sejuk karena dikitari oleh bukit yang tinggi di Jepara. Rasa Sukur dan ketakjuban kami akan alam ciptaan Tuhan YME akan kami aplikasikan dengan jaga keasrian dan melindunginya hingga bisa dicicipi oleh angkatan selanjutnya.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Rahman

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles