Tempat Wisata

Waduk Sermo : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Waduk Sermo – Sebuah waduk yang ada di Kabupaten Kulon Progo, Wilayah Spesial Yogyakarta, Waduk selebar 157 hektar ini dibuat mulai di tahun 1994 dan disahkan oleh Presiden Indonesia kedua waktu itu yakni Presiden Soeharto pada 20 November 1996.

Waduk ini dibuat dengan membendung Kali Ngrancah di Dusun Hargowilis Kecamatan Kokap. Ada pembangunan waduk ini mengahruskan pemerintahan lakukan program transmigrasi. Sekitar 100 kk di transmigrasikan ke Tidak Toi Bengkulu.

Arah dibuatnya waduk ini untuk suplesi mekanisme irigasi wilayah Kalibawang yang mempunyai tempat selebar 7.152 Ha. Selainnya di pakai untuk irigasi air dari waduk ini di pakai oleh PDAM untuk air minu.

Untuk yang belum mengetahui kemungkinan ini kedengar cukup aneh. Hal itu karena air di Waduk ini di sebutkan – sebutkan sebagai bendungan dengan kualitas air terbaik hingga sesudah lewat proses yang panjang air itu dapat di pakai untuk kepentingan satu hari – hari.

Tentu saja pembangunan waduk ini makan ongkos yang cukup banyak, ongkos yang di keluarkan yakni sejumlah 22 miliar.

Selainnya untuk Irigasi waduk ini sering di pakai untuk beragam jenis aktivitas seperti latihan dan lomba dayung. Beragam jenis perlombaan dayung kelas nasional atau internasional pernah di adakan di waduk ini.

Bukan hanya untuk latihan dan lomba dayung, akhir-akhir ini Waduk Sermo sering di pakai untuk latihan Sekolah tinggi Angkatan Udara (AAU) dan untuk object di alog akademisa mengenai Penilaian Geologi Tehnik dan liabilitas pergerakan tanah di sekitaran waduk ini.

Selainnya yang sudah kami sebut barusan, waduk ini di jadikan tujuan rekreasi karena memiliki keelokan alam yang memikat.

Ada beberapa hal yang dapat sahabat semua kerjakan pada tempat ini, yang pertama yakni berpose di spot photo menarik, ada beragam jenis spot photo bagus yang dapat di gunakan pengunjung pada tempat ini.

Seterusnya untuk sahabat semuanya yang hoby memancing ikan tidak ada kelirunya coba mengincar ikan “Setan Merah” yakni ikan predator yang berada di waduk ini, Ikan Merah sebagai bintang di lapisan pemicu di Waduk Sermo ini.

Baca Juga :  Pantai Ngrumput : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Daftar Isi :

Lokasi Waduk Sermo

Lokasi Waduk ini sendiri benar-benar gampang untuk di capai, akses jalan ke arah waduk ini termasuk baik.

Agar semakin persisnya kembali Waduk Sermo ada di Sremo Lor, Dusun Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jalur Ke arah Waduk Sermo

Jalur ke arah Waduk Sermo termasuk lumayan gampang, dari pusat Kota Yogyakarta sahabat semua langsung bisa ke arah jalan wates, seterusnya turuti saja jalan itu sampai jumpa dengan patung kuda putih, di patung kuda putih itu sahabat semua dapat mengambil kanan untuk ke arah alun – alun, dari alun – alun itu silakan turuti pentunjuk arah untuk sampai di Waduk Sermo.

Dari pusat Kota Yogyakarta waduk ini memiliki jarak sekitaran 47 km, untuk perjalanannya sendiri dari pusat Kota Yogyakarta ke arah Waduk memerlukan waktu sekitaran 1 jam 30 menit.

Jaraknya dari pusat Kota Yogyakarta memang termasuk cukup jauh, tetapi rasa capek saat di perjalanan akan lunas terbayar saat sahabat semua sampai di waduk ini.

Baca Juga :  Gardu Pandang Pinus Asri : Lokasi & Harga Tiket Masuk

Harga Ticket dan Parkir Waduk Sermo

Harga ticket masuk Waduk ini benar-benar dapat di jangkau untuk semua kelompok, berikut kumpulan harga ticket di Waduk Sermo :

Untuk anak kecil yaitu Rp. 2.000, harga tiket masuk untuk orang dewasa Rp. 5.000, sedangkan parkir sepeda motor yaitu Rp. 2.000, parkir mobil Rp. 3.000, parkir bis Rp. 5.000, sewa perahu Rp. 30.000/perahu, gardu pandang Rp. 10.000/orang

Sarana

Sarana Waduk Sermo termasuk lumayan komplet. Di waduk ini sahabat semua akan menemui beberapa sarana yang sudah di siapkan oleh pengurus. Di antarkannya yakni:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Warung makan
  • Persewaan perahu
  • Gazebo
  • Persewaan perlengkapan memancing + umpannya
Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles