Tempat Wisata

Umbul Ponggok : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Umbul Ponggok adalah rekreasi kolam jernih yang cukup terkenal di wilayah Klaten. Kehadiran Umbul Ponggok telah ada semenjak beberapa ratus tahun lalu.

Pada periode penjajahan Belanda, Umbul ini berperan sebagai pengairan perkebunan.

Asal- usul nama Umbul Ponggok dari kata “Umbul’ memiliki makna mata air sedangkan”Ponggok” yaitu diambil dari nama dusun di mana umbul itu ada.

Lantas bila disimpulkan langsung, Umbul ini memiliki makna mata air yang ada di dusun Ponggok. Umbul ini dikitari oleh bentangan sawah dengan pohon pohon yang teduh yang jadikan rekreasi berasa sejuk.

Kolam di Umbul ini bukanlah kolam renang yang seperti umumnya, dasar dari kolam Umbul ini tidak berbentuk lantai keramik tapi berbentuk pasir putih dengan beberapa batu-batuan bahkan juga lumut yang ada ikan air tawar yang berwarna-warna yang percantik keelokan kolam.

Di sini anda bisa rasakan kesan menyelam dengan ikan tawar yang paling elok. Selainnya dipakai untuk berenang, Umbul Ponggok kerap dipakai sebagai tempat latihan diving. Kolam Umbul memiliki ukuran 50 x 25 mtr. dengan kedalaman air 1,5 sampai 2,6 mtr..

Air kolam yang sejuk membuat beberapa pengunjung kerasan lama-lama di kolam Umbul Ponggok.

Baca Juga :  Pantai Jaboi : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Isi kolam bukan hanya ikan ikan yang elok tapi ada pula beragam benda seperti sepeda, meja, bangku, sepeda motor, alas, dan benda yang lain yang dijadikan spot photo bawah air yang paling cantik dengan latar belakang ikan tawar yang elok.

Salah satunya hal sebagai favorite dari beberapa pengunjung ialah lakukan sesion photo di saat menyelam di dasar kolam.

Untuk pengunjung yang tidak mempunyai camera, di Umbul ini ada jasa persewaan camera yang telah terhitung forografernya. Disamping itu ada pula persewaan alat dan property untuk berpose.

Lokasi Umbul Ponggok

Lokasi Umbul ini telah cukup gampang untuk dicapai karena jalan ke arah rekreasi pantai itu telah bagus, aman dan benar-benar pantas untuk dilalui.

Alamat Umbul Ponggok persisnya ada di Dusun Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa tengah.

Jalur Ke arah Umbul Ponggok

Jalur ke arah Umbul ini benar-benar gampang untuk dicapai. Jiks anda dari Jogja ke timur Jl KH. Ahmad Dahlan ke arah Jalan Pangurakan.

Baca Juga :  Pantai Jimbaran : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Lalu lempeng langsung ke Jalan Kusumanegara, selanjutnya ke utara melalui Jalan Janti.

Selanjutnya ka arah timur masih tetap ada di Jalan Janti, sampai di perempatan ke utara melalui Jalan Majapahit/Jalan Ringroad Timur, selanjutnya belok sedikit ke kanan ke arah Jalan Laksada Adisucipto/Jalan Raya Solo – Yogyakarta.

Lalu lurut terus melalui Jalan Raya Solo – Yogyakarta, selanjutnya sampai di bundaran Tugu Adipura mengambil jalan keluar pertama ke arah Jalan Merapi.

Lalu belok ke timur ke arah Jalan Merbabu, lempeng lagi hingga di perempatan ke barat ke Jalan Sulawesi.

Selanjutnya mengarah timur lempeng langsung ke Jalan Andalas, sampai di perempatan ke utara melalui Jalan Mayor Kusmanto. Lempeng terus turuti jalan sampai di perempatan ke utara melalui Jalan Ki Ageng Panjawi,

Sampai di perempatan ke timur masih tetap di Jalan Ki Ageng Panjawi, selanjutnya lempeng terus melalui Jalan Yaqowiyu, sampai di perempatan ke utara melewat Jalan Sersan Sadikin.

Selanjutnya lempeng terus ikuti Jaring Karanganom, sampai di pertigaan ke barat ke arah Jalan Pentas – Jatinom, lalu ke utara melalui Jalan Karang Anom.

Baca Juga :  Pantai Batu Bengkung : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Selanjutnya lempeng langsung ke Jalan Delanggu – Polanharjo, turuti jalan terus yang ada sampai anda akan sampai di Umbul Ponggok.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Umbul lumayan jauh yakni sekitaran 43,7 Km dan waktu pintas normal kendaraan motor dari pusat Kota Jogja ke arah Umbul Ponggok sekitaran 1 jam 30 menit.

Harga Ticket Masuk

Harga ticket retribusi masuk ke Umbul Ponggok benar-benar murah yakni cuman sejumlah Rp 5.000.

Dan untuk harga parkir di Umbul untuk motor yakni Rp 2.000 dan untuk mobil yakni Rp 4.000

Untuk ongkos tambahan yakni:

  • Sewa Snorkel Set : Rp 12.000
  • Sewa pelampung : Rp 7.000
  • Biaya ruangan basuh : Rp 1.000
  • Sewa kaki katak : Rp 7.000
  • Sewa camera under water 1/2 jam : Rp 60.000
  • Photo group underwater untuk tujuh orang : Rp 100.000/jam
  • Sewa camera underwater satu jam : Rp 100.000
  • Sewa ban renang : Rp 5.000

Sarana

Sarana di Umbul Ponggok ini telah cukup komplet untuk pengunjung yang ingin berkunjung Umbul yakni:

  • Tempat duduk
  • Ruangan tukar
  • Masjid
  • Warung makan
  • Sewa camera
  • Paket Prewedding
  • Toilet
  • Tempat Parkir
Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles