Beranda Bus Pariwisata Tips Anti Mabuk saat Naik Bus Pariwisata

Tips Anti Mabuk saat Naik Bus Pariwisata

0
tips anti mual naik bus

Tips anti mabuk naik bus pariwisata. Ada begitu banyak cara yang dapat dilakukan oleh seseorang agar bisa kembali pulang ke kampung halaman saat liburan. Selain mengendarai kendaraan milik pribadi, tidak sedikit perantau yang menggunakan jasa transportasi umum.

Jika anda berada di Jogja, Genjos Holiday adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda gunakan sebagai jasa sewa bus Jogja anda.

Bus pariwisata menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai sarana transportasi umum. Para perantau juga banyak memilih untuk naik bus saat pulang ke kampung halamannya.

Baca Juga : Karoseri Bus Populer di Indonesia

Akan tetapi, ada beberapa kendala saat ingin naik bus, salah satunya adalah mabuk diperjalanan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips ketika naik bus pariwisata.

Tips Anti Mabuk Naik Bus Pariwisata

Buat kalian semua yang sering mabuk ketika naik bus pariwisata, simak ulasan berikut ini.

1. Tidur yang cukup sebelum naik bus

Tidur yang cukup tidak hanya berlaku untuk para supir kendaraan saja. Anda juga harus tidur yang cukup sebelum memulai perjalanan dengan bus. Hal ini bermanfaat agar badan Anda tetap segar ketika perjalanan dimulai.

Selain itu, tidur yang cukup juga bisa mengurangi rasa mual dan pusing ketika Anda naik bus. Sebaliknya, ketika Anda kurang tidur, Anda bisa merasa pusing dan mual, bahkan ketika tidak melakukan perjalanan sekalipun.

2. Makanlah yang cukup sebelum naik bus

Selain tidur yang cukup, bagi Anda yang sedang berpuasa, hendaknya Anda juga makan sahur. Agar kesehatan tetap terjaga. Hal itu penting karena sahur merupakan saat pengisian energi bagi Anda yang berpuasa. Tentu agar tetap segar bugar sepanjang hari hingga waktu berbuka tiba.

Selain itu, hindarilah sahur dengan makanan yang berlemak jika Anda akan mudik dengan naik bus pariwisata. Pemilihan menu saat sahur juga bermanfaat supaya pencernaan Anda tidak terlalu berat. Sehingga meminimalkan resiko rasa mual ketika didalam bus.

3. Pilihlah tempat duduk dibagian tengah

Supaya tidak mabuk darat saat naik bus, pemilihan tempat duduk juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda bisa memilih tempat duduk terbaik Anda, yaitu dibagian tengah bus. Usahakanlah sebisa mungkin tetap memilih posisi tersebut.

Duduk dibagian tengah membuat guncangan bus tidak begitu terasa keras. Guncangan minim akan meminimalkan munculnya rasa mual dan pusing pada diri Anda.

Sebaliknya, posisi guncangan paling keras saat naik bus biasanya berada di sekitar roda bus. Jika semakin keras goncangannya, hal itu dapat menyebabkan rasa mual dan pusing muncul pada diri Anda.

4. Duduk samping jendela agak tidak mabuk

Duduk di samping jendela menjadi salah satu cara ampuh untuk mencegah rasa mabuk. Jika perjalanan melewati jalan dengan areal persawahan di kanan dan kiri jalan, usahakan memandang ke arah jauh.

Lebih baik lagi jika tempat duduk memungkinkan untuk memandang melalui kaca depan sehingga bisa melihat jalan dan tidak disorientasi arah. Sebisa mungkin hindari memandang obyek dekat karena bisa menyebabkan pusing.

5. Hindari baca buku & menatap layar hp

Untuk Anda yang suka membaca buku serta mainan hp tapi suka pusing dan mual saat naik bus. Anda harus merasa sedikit kecewa. Karena ada sejumlah orang yang merasa pusing ketika membaca buku / menatap layar hp pada saat naik bus.

Akan tetapi, ada juga orang yang bisa tetap membaca buku ataupun bermain hp saat naik bus tanpa merasa pusing dan mual. Bila pusing datang saat membaca atau menatap layar smartphone, segera tinggalkan dua aktivitas itu sebelum pusing semakin parah.

6. Bawa minyak angin didalam bus

Bagi sebagian orang, minyak angin atau freshcare merupakan barang bawaan wajib untuk mengusir mabuk darat. Saat Anda mulai merasa pusing, Anda bisa menghirup aroma terapi. Aroma tersebut bisa jadi obat yang ampuh untuk mengusir pusing dan mual.

Namun, perlu diketahui jika ada beberapa orang yang tidak menyukai aroma minyak angin atau freshcare. Bahkan mereka pusing jika mencium aromanya yang tajam. Oleh karena itu, perhatikan pula kondisi penumpang bus di sekitar saat akan menggunakannya.

7. Tidur di bus saat perjalanan

Pada dasarnya, rasa ngantuk merupakan reaksi yg muncul ketika seseorang meminum obat antimabuk. Sehingga memudahkan seseorang untuk tidur. Dengan begitu, rasa pusing dan mual pun tidak akan terasa selama perjalanan.

Akan tetapi, ketika sedang berpuasa, pengendara bus tidak bisa mengonsumsi obat antimabuk. Meski demikian, berusahalah untuk tetap bisa tidur didalam bus agar Anda tidak mabuk.

Jika memang berniat tidur selama perjalanan, jangan lupa pula untuk memberi tahu tujuan perjalanan. Ini merupakan hal yang penting, terutama jika tujuan Anda bukanlah tujuan akhir dari bus tersebut. Sehingga Anda tidak turun terlalu jauh dari tujuan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here