Beranda Bus Pariwisata Tips Aman Mengendarai Bus Pariwisata Saat Hujan (2)

Tips Aman Mengendarai Bus Pariwisata Saat Hujan (2)

0

Pada pembahsan awal kita membahas sudah tentang Tips Aman Mengendarai Bus Pariwisata Saat Hujan dengan poin “Bus Harus dalam Kondisi Siap Sebelum Digunakan Saat Hujan”. Kemudian kita akan membahas tips yang ke dua yaitu:Memperhatikan Aturan Berkendara saat Hujan

Baca Juga: Sewa Bus Jogja Genjos Holiday

Semua orang tentu sudah faham kalau berkendara ketika hujan itu membutuhkan ekstra kehati-hatian. walaupun demikian, masih ada aja orang yang berpikiran kalau hati-hati itu berarti “tidak ngebut” dan juga “waspada dengan memerhatikan sekitar”.

Kalau Anda juga memiliki pemikiran demikian, berarti Anda juga belum memahami apa yang dimaksud dengan “berhati-hati berkendara ketika hujan”.

Berikut kami sajikan cara-cara sederhana, tetapi dapat menyelamatkan nyawa Anda dan penumpang bus ketika berkendara di jalan raya saat hujan.

1. Waspadalah Pada 30 Menit Pertama

Apa maksudnya?

Perlu Anda ketahui, hujan yang baru saja turun akan menjadikan jalanan sangat licin. Kadar kelicinannya pun berbeda dengan jalan yang sudah lama basah sebab hujan.

Ini diakibatkan oleh jalanan yang asalnya tidak basah, kemudian menjadi basah. Selain hal itu, ini juga diakibatkan karena lumpur dan minyak yang awalnya sudah mengering, kemudian terkena air hujan. Hal ini menjadikan lapisan jalan menjadi sangat licin.

Dampaknya, Anda akan sulit untuk mengontrol bus. Hal semacam ini biasanya terjadi pada 30 menit pertama, terhitung sejak hujan mulai turun. Oleh sebab itu, pada saat seperti ini Anda wajib lebih waspada dan melaju dengan sangat hati-hati.

2. Jangan Mengebut!

Menurunkan laju bus saat berkendara ketika hujan adalah hal yang harus Anda lakukan. ketika hujan jalanan bukan saja licin sebab air, namun bisa juga sebab air yang bercampur dengan oli yang berceceran.

Kalau hal itu terjadi, maka ban bus Anda dapat tergelincir atau slip. Supaya hal itu dapat terhindari, kemudikanlah bus pada kecepatan rendah.

Bus dengan kecepatan rendah akan menjadikan alur ban bersentuhan langsung dengan aspal. Dampaknya adalah membuat daya cengkram sangat baik.

3. Menyalakan Lampu Bus

Saat hujan turun dengan deras, kondisi jalan tampak menjadi tidak jelas. Oleh karenanya, sangatlah disarankan untuk menghidupkan lampu depan dan belakang bus.

Meski hujan hanya rintik-rintik, Anda juga tetap diharuskan untuk menyalakan lampu bus Anda.

Menyalakan lampu bus saat hujan sangat berguna bagi Anda dan bagi pengendara lainnya. Tentunya Anda akan bisa melihat kondisi jalan yang ada di depan.

Bagi pengendara lainnya, mereka akan melihat bahwa kendaraan Anda sedang melaju, sehingga kecelakaan pun dapat diminimalisir.

Baca Juga: Tips Aman Mengendarai Bus Pariwisata Saat Hujan (1)

4. Menjaga Jarak Aman Berkendara

Jagalah kendaraat Anda agat tidak terlalu dekat dengan kendaraan lainnya!

Hal itu karena, kondisi jalan yang licin akan membuat kendaraan membutuhkan jarak saat harus mengerem.

Jarak yang dibutuhkan pun sedikit lebih jauh bila dibandingkan dengan mengerem pada saat jalanan kering.

5. Waspada dengan Genangan Air!

Ketika hujan turun, lubang di jalan akan tampak tidak terlihat. Anda setuju?

Lubang kecil maupun besar tidak akan tampak dengan jelas bila sudah tergenang oleh air. Bila lubangnya tidak terlalu dalam, mungkin hal itu tidaklah terlalu bahaya.

Namun bagaimana jadinya bila ternyata lubang di balik genangan air itu sangat besar?

Bila lubangnya besar, bus Anda mungkin saja akan terperosok di dalamnya. Jika sudah seperti ini, tentu akan sangat merepotkan, ‘kan?

Maka sayogyanya kita harus lebih berhati-hati saat hujan turun ketika kita sedengan berkendara. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here