Air TerjunTempat Wisata

Telaga Sunyi : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Telaga Sunyi sebagai sungai sunyi dengan udara dan alam di sekelilingnya masih fresh alami. Walau namanya ‘Sunyi’, ‘surga terselinap’ lereng Gunung Slamet ini malah ramai di datangi pelancong.

Kombinasi sungai dan air terjun ini memiliki jarak 2,5 km dari gerbang Teritori Wanawisata Baturraden.

Berada di tengah-tengah rimba Damar dan Pinus, ketenangan situasinya memberikan dampak rileksasi untuk pelancong. Tidak mengejutkan bila tempat wisata ini sering jadi tempat bertapa di periode kemarin.

Harga Ticket Masuk Telaga Sunyi

Pelancong tak perlu bayar mahal untuk nikmati keelokan alam teritori rekreasi ini Harga ticket masuk tempat rekreasi ini masih termasuk dapat di jangkau.

Ticket Telaga Sunyi
Senin – Minggu Rp15.000

Jam Membuka Telaga Sunyi

Pelancong dapat tiba ke teritori rekreasi ini tiap hari. Buka pagi sampai sore hari.

Waktu operasional yaitu senin – Minggu jam 07.00 sampai 17.00

Macam Kegiatan Rekreasi

Telaga Sunyi bisa di raih dengan tempuh perjalanan sepanjang sekitaran 15-20 menit dari Kota Purwokerto. Akses jalan ke arah teritori wanawisata ini masih gampang di lewati kendaraan beroda 4 dengan berhati-hati.

Baca Juga :  Pantai Walengkabola : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Tracking Telusuri Situasi Perdesaan

Situasi sejuk mulai berasa di tempat parkir yang berumput hijau dengan pohon-pohonan besar. Untuk capai lokasi Telaga Sunyi, pelancong harus jalan kaki mencari jalan setapak. Sejauh perjalanan terhidang panorama cantik seperti anak sungai yang jernih, dan persawahan hijau.

Telusuri jalan setapak, pelancong di dampingi saluran sungai kecil berair benar-benar jernih di sebelah kanan. Kegiatan tracking ke arah lokasi tidak membutuhkan waktu lama karena relatif dekat. Di ujung jalan, pelancong bisa menyaksikan air terjun yang mengucur langsung ke telaga.

Nikmati Keelokan Telaga

Telaga Sunyi mempunyai udara sejuk karena di kitari pohon-pohonan teduh yang menghijau. Berada di tengah-tengah tempat rimba, tempat rekreasi ini tawarkan keelokan panorama yang demikian mempesona. Sama sesuai namanya, tempat rekreasi ini masih sunyi karena jauh dari hingar-bingar perkotaan.

Air telaga di tempat wisata ini mengambil sumber dari mata air Gunung Slamet. Airnya benar-benar jernih dengan kolam sejuk kelihatan warna kebiruan. Sisi dasar sungai sedalam lima mtr. juga bisa kelihatan terang dengan mata telanjang.

Pelancong bisa minum langsung airnya yang dingin, jernih dan fresh. Hal itu relatif aman karena masih dekat sama mata air dan belum terkontaminasi polutan.

Santai di Sekitar Area Air Terjun

Daya magnet Telaga Sunyi tidak cuma jernih kolamnya, tetapi juga saluran air terjunnya. Curah airnya membuat kolam besar di bawahnya dengan kedalaman 2-6 mtr.. Kolam itu jadi favorite pelancong untuk berenang dan snorkeling.

Baca Juga :  Pantai Bakaro : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Saat kemarau, air terjunnya tidak mengucur seperti umumnya. Telaga ini memiliki sumber mata air walau air terjun tidak mengucur, namun air masih tetap penuh.

Berenang dan Bermain Air

Di Telaga Sunyi, pelancong bisa berenang, menyelam, dan mengamati batu-batuan cantik pada bagian dasarnya. Saluran sungainya membuat kolam alami sama air yang dingin dan benar-benar menyejukan. Airnya benar-benar jernih dengan refleksi sinar warna hijau muda atau hijau toska.

Jernihnya kolam membuat kolam sedalam 2-6 mtr. ini kelihatan dangkal. Untuk itu, di anjurkan kegiatan berenang dan menyelam cuman untuk yang betul-betul terlatih melakukan. Saat hujan turun, pelancong harus selekasnya tinggalkan telaga untuk menahan beberapa hal yang tidak di harapkan.

Di samping telaga ada kolam yang lebih dangkal untuk pelancong yang ingin sekadar bermain air. Di kolam ini yang jernih ini, pelancong bisa menyaksikan ikan atau kepiting di dasarnya.

Berpose Bawah Air

Telaga Sunyi jadi sasaran beberapa pencinta photografi khususnya dan fans swafoto. Tiap pojok tujuan rekreasi ini betul-betul fotogenik dengan keelokan alaminya. Demikian jernih air telaga ini, pelancong umumnya memburu keelokan photo di bawah air. Photo underwater ini benar-benar di sukai pelancong dan cukup terkenal di sosial media.

Baca Juga :  Kebun Raya Baturraden : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Dogma Telaga Sunyi

Penyebutan Telaga Sunyi ini ada karena dulu tempat ini kerap di pakai untuk bertapa. Bersamaan mengembangnya waktu, telaga ini ganti jadi tujuan rekreasi unggulan Banyumas.

Berkaitan dengan kisahnya sebagai tempat bertapa, tempat wisata ini diliputi dogma. Pelancong dianjurkan tidak untuk berbicara kotor dan mejaga sikap santun sopan. Kabarnya, bila menyalahi, beberapa hal yang tidak di harapkan bisa terjadi pada pelancong.

Telusuri Gua di Segi Telaga

Di sebelah kanan Telaga Sunyi, ada sebuah gua dengan panjang enam mtr.. Gua itu berdinding dan dengan lantai batu berlumut. Pelancong bisa telusuri segi dalam gua bersama pemandu rekreasi yang ada.

Sarana

Sarana di tempat rekreasi lumayan memadai untuk pelancong. Misalnya toilet, masjid dan ruangan tukar baju yang sudah di persiapkan oleh pengurus.

Tempat parkirnya juga pas jadi tempat istirahat atau berpose. Karena di dekatnya ada taman dengan beberapa pohon dan rumput yang menghijau.

Lokasi Telaga Sunyi

Rekreasi sungai dan air terjun ini ada di Limpakuwus, Menyumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa tengah 53183. Lokasi rekreasi tidak jauh dari Teritori Rekreasi Baturraden, Banyumas. Jaraknya sekitaran 3 km dan bisa di lakukan dengan perjalanan cuman sepanjang 15 menit.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles