Tempat Wisata

Situ Patenggang : Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Situ Patenggang adalah tujuan rekreasi alam yang menyuguhkan birunya danau dengan hijaunya daun teh di wilayah sekelilingnya. Situasi pegunungan yang masih asri dan sejuk pas untuk pengunjung yang ingin sesaat istirahat dari padatnya kegiatan sepanjang seminggu.

Nama Situ Patenggang sendiri datang dari bahasa Sunda, Situ mempunyai makna Danau dan Patenggang datang dari kata pateangan-teangan yang maknanya sama-sama cari. Kabarnya nama itu diambil dari cerita cinta Dewi Rengganis dan Ki Santang yang perlu pisah karena perang kerajaan.

Banyak yang menjelaskan jika tujuan rekreasi ini benar-benar terkenal hingga selalu ramai didatangi oleh pelancong baik lokal atau luar dari wilayah Bandung. Nach, untuk Anda yang merencanakan untuk berlibur ke Bandung dalam kurun waktu dekat, yakinkan untuk mendatanginya ya!

Harga Ticket Masuk Situ Patenggang

Harga ticket masuk Situ Patenggang termasuk cukuplah dapat dijangkau bila dibanding dengan tujuan rekreasi Bandung yang lain. Beberapa pengunjung perlu keluarkan dana sejumlah Rp 22.000 per-orang baik hari saat biasa atau akhir minggu.

Harga itu khusus pelancong lokal dan untuk pelancong asing dikenai ongkos ticket Rp 135.000 per-orang.

Selainnya ticket masuk, pengunjung yang bawa kendaraan individu ke situ dikenakan ongkos tambahan berbentuk parkir kendaraan dengan perincian seperti berikut. Ongkos parkir sepeda motor sejumlah Rp 3.500, mobil Rp 11.000 mobil dan bis atau truk Rp 22.500.

Baca Juga :  Gunung Tangkuban Perahu : Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Alamat dan Jalur Lokasi

Untuk yang ingin bertandang ke situ tetapi belum mengetahui tempatnya, lokasi Situ Patenggang ada di teritori rekreasi Ciwedey Bandung. Untuk dapat capai lokasi itu diperlukan waktu lebih kurang sekitaran 1.5 jam dari tol di titik 0 Bandung.

Alamat Situ Patenggang ada di Jalan Raya Ciwidey Dusun Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Ada dua jalur yang dapat dilalui bila dari arah Jakarta yakni

Lewat Tol Cipularang dan keluar di Tol Kopo lalu turuti arah Soerang-Ciwedey-Situ Patenggang.
Lewat arah Leuwi Gajah sesudah dari Cipularang dan di teruskan ke Soerang-Ciwidey-Patenggang.

Dan untuk Anda yang dari Bandung, dapat memakai dua alternative jalur berikut, yakni:

Buah Batu-Bojong Soang-Banjaran-Soerang-Ciwedey-Patenggang.
Majayala-Ciparay-Banjaran-Soerang-Ciwidey-Situ Patengang.

Alternative kendaraan umum dapat menjadi opsi. Dari terminal Leuwi Panjang mengambil jalur Ciwidey dan sesampai di situ berpindah ke angkutan jalur Patenggang.

Sarana di Situ Patenggang 

Sarana Situ Patenggang termasuk benar-benar komplet karena seluruh keperluan dasar berlibur dan simpatisan seperti pemondokan juga ada dan di atur secara baik di sini. Berikut sarana yang di siapkan di rekreasi alam Patenggang dan rugi bila tidak cobanya:

  • Glamping Side
  • Gazebo
  • Perahu
  • Perahu dayung
  • Sepeda air
  • Pemondokan
  • Restaurant dan rumah makan
  • Pusat oleh-olehan
  • Tempat beribadah
  • Parkir
  • Kamar mandi
Baca Juga :  Ciwidey Valley Resort : Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Coba sarana-fasilitas yang di siapkan di atas pasti menambahkan kenyamanan dan serunya berlibur. Apa lagi banyak salah satunya tidak dapat di ketemukan di rekreasi yang lain hingga kurang komplet bila bertandang tetapi tidak cobanya.

Spot Rekreasi Situ Patenggang

Situ Patenggang sediakan banyak spot rekreasi yang pantas di coba. Selainnya nikmati cantiknya panorama dari tepi danau, pengunjung bisa juga nikmati spot lain Danau Patenggang yakni.

1. Sambang ke Pulau Cinta

Di tengah-tengah danau ada pulau kecil namanya Cinta sebagai bukti cerita cinta Dewi Rengganis dan Ki Santang. Kabarnya, pulau itu adalah perahu yang di suruh oleh Rengganis ke Ki Santang dan beralih menjadi pulau berupa hati dan di sebutlah pulau itu dengan Pulau Cinta.

Ada perahu untuk berkeliling-keliling danau sekalian berkunjung Pulau Cinta yang di kontrakkan dengan harga Rp 20.000. Tetapi, bila sekedar berkeliling-keliling danau harga kontraknya cukup Rp 10.000 saja.

Di pulau itu banyak pohon teduh yang menjadi tempat santai dan nikmati keheningan pulau. Benar-benar pas untuk Anda yang ingin cari tempat sepi jauh dari pusat keramaian.

2. Berpose dan Bersantap di Kapal Pinisi Restoran

Ada restaurant yang menjadi icon rekreasi ini yakni Kapal Pinisi Restoran. Sebuah restaurant dengan ide bangunan kapal tradisionil nusantara dengan 4 lantai.

Kapal Pinisi jadi spot yang instagramable karena dari lantai 4, pengunjung dapat memperoleh view Pulau Cinta secara jelas. Wujud kapalnya yang unik dan classic tidak kalah menarik dan rugi bila tidak sempat berpose di sini.

Baca Juga :  Tebing Keraton : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Masalah menu yang dihidangkan, restoran ini mempersiapkan tipe masakan yang bermacam pada harga yang cukup dapat di jangkau. Selainnya di restoran Kapal Pinisi, banyak juga penjual makanan yang lain di sekitaran lokasi yang rasa dan harga tidak akan menyebalkan.

3. Camping Cerah di Glamping Lakeside

Camping Cerah sebuah lokasi kemping yang menghadap langsung danau dan pulau Cinta. Rekreasi terkini di Bandung yang sayang buat anda terlewat saat beribur.

Pengunjung yang ingin nikmati alam lebih dekat dapat sewa tempat itu dengan harga Rp 75.000 dan membangun tenda yang telah ada di situ. Benar-benar pas jadi tempat untuk bercamping satu keluarga.

Panduan Bertandang

Berlibur menjadi satu di antara hal yang paling di nanti-nantikan apa lagi saat akhir minggu datang. Supaya berlibur makin membahagiakan ada banyak panduan berlibur dari Genjos Holiday Travel Guide yang harus di aplikasikan.

Yakinkan untuk memakai baju tebal karena cuaca di lokasi benar-benar dingin. Membawa payung atau mantel untuk mengantisipasi saat terjadi hujan.

Transportasi ternyaman adalah memakai kendaraan individu karena transportasi umum cuman berada di jam-jam tertentu. Oleh karena itu di anjurkan untuk menggunakan kendaraan individu saat berlibur ke situ
Menjaga kebersihan dengan tidak buang sampah sebarangan khususnya di lokasi rekreasi.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles