PantaiTempat Wisata

Pantai Tapak Antu : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Kepulauan Bangka Belitung rupanya banyak memiliki tujuan rekreasi pantai yang cantik, satu diantaranya Pantai Tapak Antu. Walau masih memerlukan pembenahan, tetapi pantai ini cukup baik untuk jadi arah usai minggu.

Pantai ini tawarkan daya tarik pantai yang biru dengan deretan bebatuan granit. Antiknya, di salah satunya batu granit itu, kabarnya ada tapak jejak mistik yang dipercayai masyarakat sekitaran sebagai tapak jejak makhluk gaib.

Disamping itu, pantai ini berkesan masih alami karena ada beberapa pohon pinus yang tumbuh di sejauh pantai. Dari sisi jaga tempat pantai dari erosi, ada pohon-pohonan itu membuat situasi di pantai ini masih tetap sejuk selama seharian.

Daftar Isi :

Riwayat Pantai Tapak Antu Bangka Belitung

Sejak dahulu sampai saat ini, Pantai Tapak Antu jadi sumber ekonomi warga Dusun Batu Belubang. Tiap hari, masyarakat dusun gantungkan hidup hasil dari tangkapan ikan di Pantai ini.

Disamping itu, dibukanya teritori pantai sebagai tempat wisata jadi karunia untuk warga. Dengan ramainya pelancong yang berlibur ke Pantai, masyarakat dapat mengais pendapatan tambahan dari usaha jualan bermacam minuman dan makanan.

Pantai ini dinamakan Tapak Antu karena di salah satunya bebatuan granit ada sisa kaki yang dipercayai sebagai kaki dewa. Sampai sekarang, sisa tapak kaki itu bisa disaksikan walau tidak sejelas dahulu.

Pantai Tapak Antu atau beberapa orang menyebutkan dengan pantai tapak Hantu memang terkenal dengan narasi mistik turunnya makhluk gaib. Tetapi, Anda tak perlu takut karena beberapa hal mistik itu cuman ada pada hikayat riwayat.

Faktanya, teritori Pantai Tapak Antu tiap hari selalu ramai oleh beberapa pelancong. Dan, sampai sekarang tidak sempat ada beberapa hal mistik atau peristiwa menakutkan yang terjadi di Pantai ini.

Yang ada hanya panorama cantik dari bentangan pasir putih bersatu birunya air laut. Ditambahkan lagi, deretan batu-batuan granit dan hijaunya pohon pinus membuat nuansa alami makin berasa di Pantai Tapak Antu.

Harga Ticket Masuk Pantai Tapak Antu

Sama seperti dengan Pantai Tanjung Tinggi, dahulunya pelancong dapat masuk ke teritori pantai tanpa perlu beli ticket masuk.

Baca Juga :  Pantai Tambak : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Tetapi, sekarang ini beberapa wisatawan diharuskan bayar retribusi atau ticket masuk Pantai ini yang dipasarkan pada harga Rp. 5000 per-orang.

Disamping itu, pelancong harus juga bayar retribusi parkir bila tiba memakai kendaraan individu. pemakai beroda 2 harus bayar sejumlah Rp. 2000, sementara pemakai beroda 4 harus bayar sejumlah Rp. 5000.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Tapak Antu

Pantai ini beralamat di Dusun Batu Belubang, Kec. Pangkalan Baru, Kab. Bangka tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

Lokasi pantai ini benar-benar dekat dari pusat perkotaan dalam jarak cuman 4 km dari komplek kantor Gubernur Bangka Belitung.

Berkenaan jalur ke Pantai Tapak Antu, Anda tak perlu kebingungan karena sekarang ini telah ada beberapa papan petunjuk jalan.

Setelah tiba di pusat perkotaan, aktifkan saja program Google Maps untuk mendapati jalur terbaik sama sesuai arah kehadiran.

Yang penting jadi perhatian, sekarang ini akses jalan ke teritori pantai masih lumayan memprihatinkan. Di mana, sejauh 2 km ke lokasi pantai, lajurnya masih berbentuk tanah merah yang terkadang berlumpur dan benar-benar licin saat musim penghujan.

Karenanya, siapkan keadaan kendaraan Anda jauh hari saat sebelum liburan ke Pantai Tapak Antu. Yakinkan kendaraan yang Anda pakai masih sehat dan ban nya masih baru.

Objek Rekreasi di Pantai Tapak Antu

Ada bermacam aktivitas yang dapat pengunjung kerjakan saat berlibur di Pantai Tapak Antu. Sebagai rekomendasi, berikut objek rekreasi dan aktivitas bagus yang dapat pengunjung coba:

Baca Juga :  Tempat Wisata Batang Terbaru Lagi Hits Recommanded

1. Panorama Pantai

Harus dipahami jika Pantai ini menurut kami tidak pas untuk berenang. Ini karena keadaan pantainya yang berlumpur.

Sebagai tukarnya, Anda dapat nikmati waktu dengan duduk rileks di atas gazebo-gazebo yang berjejer di tepi pantai.

Di atas gazebo, Anda dapat nikmati pemadangan cantik Pantai Tapak Antu sekalian bercengkerama dengan ke bagian keluarga.

2. Spot Photo

Di antara nikmati daya tarik alam Pantai Tapak Hantu, Anda bisa juga mendokumentasikan tiap peristiwa ke tangkapan camera.

Berita baiknya, Anda tak perlu kebingungan cari spot photo karena pengurus rupanya telah sediakan beberapa spot swafoto di sekitar pantai.

Salah satunya spot photo yang dapat dicoba ialah spot ayunan berdasar pertanda hati atau love. Disamping itu, ada pula spot pelabuhan kayu berdasar pohon bakau yang bisa mendatangkan kesan-kesan alami dalam photo.

Dan janganlah lupa, skema bebatuan granit di sejauh pantai pas jadi latar belakang photo. Coba berpose di tempat itu dan Anda akan kagum dengan hasilnya.

3. Mancing

Aktivitas seterusnya yang dapat di laksanakan saat wisata di Pantai Tapak Antu ialah memancing. Untuk Anda yang hoby mancing, janganlah lupa membawa perlengkapan memancing dari rumah.

Selainnya populer karena cerita mistinya, janganlah lupa jika pantai ini simpan kekayaan laut yang berlimpah.

Beragam tipe ikan dapat Anda peroleh di pantai ini dimulai dari ikan-ikan kecil, cumi-cumi, ikan teri, sampai ikan ekor kuning.

4. Kulineran Ciri khas

Jadi hal umum bila liburan ke pantai kita tentu mendapati beberapa warung penjual camilan atau makanan berat.

Nach, saat berlibur di Pantai Tapak Antu, Anda juga dapat nikmati beragam sajian kulineran ciri khas pantai di beberapa warung yang ada.

Opsi menu yang ada biasanya dengan bahan hasil tangkapan beberapa nelayan atau seafood. Menu yang lain, Anda pun kemungkinan mendapati kulineran namanya gangan yang di sebut kulineran ciri khas bangka belitung.

Baca Juga :  Pantai Amban : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Bila ingin yang lebih hebat, Anda dapat beli ikan-ikan dari beberapa nelayan lalu mengolah atau membakarnya sendiri di tepi pantai.

Bila di laksanakan ramai-ramai bersama rekan-rekan, tentunya ini lebih membahagiakan dan jadi pengalaman bernilai yang susah terlewatkan.

Sarana

Walau masih di atur oleh masyarakat sekitaran bersama anggota karang taruna Dusun Batu Belubang, tetapi di pantai ini telah ada sarana umum yang cukup ideal.

1. Toilet

Ada banyak toilet di Pantai Tapak Antu yang menyebar di sekitar pantai. Namun, berdasar pernyataan beberapa pelancong, keadaan toilet di pantai ini masih tidak cukup terurus.

Pengurus kelihatannya perlu tingkatkan kontrol dan perawatan pada toilet yang ada. Di samping itu, pelancong perlu mengetahui keutamaan jaga kebersihan saat memakai toilet.

2. Gazebo

Tempat duduk berbentuk saung atau gazebo juga di persiapkan pengurus. Anda dapat mendapati gazebo-gazebo ini di sejauh Pantai ini.

3. Tempat Parkir

Tempat parkir ini lokasinya tidak jauh dari teritori pantai. Untuk keamanan, tidak boleh takut bayar ongkos parkir sebagai balas jasa pada tukang parkir yang jaga kendaraan Anda.

4. Masjid

Sarana beribadah seperti masjid juga ada di Pantai ini. Tetapi, kodisinya hampir serupa dengan toilet yang terlihat seperti kurang terurus.

Nach, begitu penjelasan ringkas mengenai harga ticket Pantai Tapak Antu dan objek rekreasi dan sarananya. Pantai ini benar-benar pas sebagai alternative tujuan rekreasi keluarga di akhir minggu.

Kata akhir bila Anda berminat untuk liburan ke Pantai ini Belitung, janganlah lupa selalu menjaga kebersihan supaya situasi pantai masih tetap nyaman dan nikmat di lihat.

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Dapatkan Promo Paket Wisata Jogja dan juga Sewa Bus Jogja di HeppiTrip.com