PantaiTempat Wisata

Pantai Tanjung Bira : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pantai Tanjung Bira tentu saja tidak lepas dengan narasi riwayat mengenai pantai ini. Pantai ini populer dengan masyarakatnya yang membuat perahu pinisi tradisionil yang kuat.

Kabarnya, dulu ada perahu yang sudah dibikin oleh warga di tempat ini selanjutnya perahu dipakai untuk melaut di perairan oleh Pangeran Sawerigading yang dari Negeri Palopo. Tetapi, hal tidak tersangka terjadi saat melaut ahwa perahu itu dihempas oleh ombak yang besar.

Ada ombak yang kuat itu menyebabkan perahu pinisi itu pecah terdiri jadi tiga sisi. Tiga sisi itu ada di wilayah Tanah Elmo, Dusun Ara dan Dusun Bira.

Akibatnya karena peristiwa itu, ke-3 dusun itu jadi mempunyai kecerdasan tertentu saat membuat perahu pinisi.

Harga Ticket Masuk Pantai Tanjung Bira

Supaya bisa masuk satu tempat wisata, biasanya pengunjung harus beli ticket masuk lebih dulu ke petugas yang berjaga-jaga. Sama seperti dengan Pantai Tanjung Bira, teritori ini mempunyai harga ticket masuk supaya bisa nikmati keelokan alamnya.

Tetapi, harga ticket masuk Pantai Tanjung Bira ini mempunyai ketidaksamaan di saat weekday dan akhir pekan dan pelancong lokal dan luar negeri.

Di hari weekday atau hari biasa, karena itu pelancong lokal akan dikenai ongkos ticket masuk Rp 10.000. Dan untuk pelancong asing ongkos ticket masuk sejumlah Rp. 20.000 per-orang.

Baca Juga :  Pantai Marumasa : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Tetapi sama dalam pengakuan di atas jika ada ketidaksamaan harga ticket masuk di saat hari liburan atau weekday.

Di hari tertentu khususnya liburan panjang dan hari besar maka ada peningkatan harga ticket masuk, yakni sekitaran Rp 15.000 bahkan juga sampai Rp 20.000 per-orang.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Tanjung Bira

Alamat Pantai Tanjung Bira ini ada di Dusun Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Jarak yang perlu Anda lewati bila dari Kota Makassar lebih kurang 200 km, sama waktu menempuh sekitaran 5 sampai 6 jam. Memang perjalanan yang lumayan lama, tetapi perjalanan Anda akan terbayarkan sesampai di Pantai Tanjung Bira dengan daya magnet yang dipunyainya.

Anda juga dapat memakai kendaraan individu atau kendaraan umum. Bila memakai kendaraan individu, karena itu Anda dapat lewat Gowa yang selanjutnya diteruskan ke arah Kabupaten Takalar sampai Kabupaten Jeneponto.

Kemudian masih meneruskan kembali ke Kabupaten Bantaeng dan meneruskan perjalanan dengan instruksi papan panduan jalan Pantai Tanjung Bira.

Disamping itu, Anda dapat manfaatkan program google maps untuk memperoleh jalur terbaik. Tetapi, bila Anda memakai kendaraan umum, karena itu bisa pilih memakai bis yang turun di teritori Dermaga Selayar Bulukumba. Sehingga harus meneruskan dengan memakai angkot atau ojek.

Object Rekreasi Pantai Tanjung Bira

Adapun daya magnet rekreasi yang bisa Anda dapatkan saat ada di Pantai Tanjung Bira yang cukup terkenal ini ialah:

  • Pasir Pantai yang Halus
  • Bermain Air Laut
  • Banana Boat
  • Sunrise dan Sunset
  • Snorkeling dan Diving
  • Berkeliling-keliling Pulau
  • Rekreasi Religius
  • Menyaksikan Pembikinan Kapal Pinisi
Baca Juga :  Pantai Jayanti : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Sarana Pantai Tanjung Bira

Walau pantai ini lumayan jauh dijangkau dari kota, tetapi karena mempunyai daya magnet tertentu karena itu pantai ini lumayan ramai didatangi oleh beberapa pelancong yang liburan. Sarana untuk beberapa pelancong juga telah ada, salah satunya yakni:

1. Tempat Parkir

Untuk menyimpan kendaraan yang Anda gunakan seperti motor, mobil juga telah di siapkan tempat parkir di teritori pantai ini. Tetapi, ada ongkos parkir yakni di mulai dari 5 ribu sampai 20 ribu bergantung dari tipe kendaraan yang Anda pikir.

Meski begitu, sayang tempat parkir ini tidak luas, hingga Anda harus tiba lebih cepat di banding pelancong lain cuman untuk memperoleh tempat parkir yang nyaman dan gampang dicapai.

2. Toilet

Pantai ini telah sediakan sarana simpatisan berbentuk toilet yang dapat di pakai oleh beberapa pelancong. Di toilet ini, Anda bisa juga lakukan basuh atau mandi karena ada pancuran air.

Tetapi, untuk memakainya karena itu harus bayar sekitaran Rp. 5.000 sampai Rp 10.000.

3. Warung Makan

Pantai ini ada beragam warung makan yang berdiri bersebelahan keduanya. Maka dari itu Anda bisa manfaatkan warung makan ini dengan mencoba beragam menu kulineran yang ada.

Beragam menu masakan ikan dan menu kulineran ciri khas yang ada siap menganakemaskan lidah beberapa pelancong.

Menu yang ada berbentuk olahan ikan dan seafood, di samping itu makanan ciri khas Manado dan Toraja bisa juga Anda dapatkan yang populer dengan cita-rasa masakan pedas dan asam.

Baca Juga :  Pantai Dato : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Karena ada beragam jenis menu masakan yang dengan bahan ikan, karena itu harga yang di banderol juga bermacam, bergantung ikan yang dipakai dan langkah mengolahnya.

Tetapi, Anda bisa juga dapat nikmati selai dari olahan ikan yakni konro dan coto makassar yang mempunyai rasa yang tidak kalah sedap.

4. Pemondokan

Memang untuk nikmati dan menelusuri Pantai Tanjung Bira ini tidak akan cukup pada sebuah hari saja. Oleh karenanya, karena itu pengurus telah sediakan sarana berbentuk ada beragam opsi pemondokan yang ada di teritori pantai.

Ini benar-benar pas untuk Anda yang dari luar wilayah untuk lakukan liburan dalam sekian hari.

Tempat pemondokan ini juga telah teratur dan ada beragam opsi pada harga yang bermacam bergantung pada tempat dan sarana yang di dapat.

Bila ingin menginap dengan situasi yang simpel, karena itu dapat pilih homestay yang juga pasti lebih mengirit ongkos. Tapi, bila inginkan lokasi yang lebih spesial dengan view langsung menghadap ke laut, Anda dapat pilih villa atau bungalow.

Di samping itu, ada hotel yang tawarkan beragam sarana pada harga di mulai dari Rp. 300.000 per malamnya. Maka dari itu, Anda tinggal pilih tempat pemondokan yang bisa Anda samakan dengan bujet berlibur yang sudah Anda siapkan..

Bila Anda sedang ada di Bulukumba, selainnya liburan di Pantai Tanjung Bira, Anda bisa juga berkunjung Pantai Panrang Luhu dan pantai yang cantik yang lain.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles