PantaiTempat Wisata

Pantai Bosur : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pantai Bosur ini sebagai salah satunya pantai yang terpopuler di Nias, Sumatera Utara. Pantai ini jadi tujuan favorite untuk habiskan waktu berlibur baik bersama yang tersayang, keluarga atau teman dekat.

Nach, Pantai yang ada di Sibolga ini rupanya mempunyai banyak hal unik yang menjadi rekomendasi saat bertandang ke pantai ini.

Daftar Isi :

Riwayat Pantai Bosur

Dulu pantai ini dinamakan Pantai Bosur yang mana penamaan ini di dapatkan dari nama Bonaran Situmeang dan Sukran Tanjung sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tapteng atau Tapanuli tengah. Saat Pemilihan kepala daerah, nama Bonaran-Sukran di persingkat ‘BOSUR’.

Tetapi, di tanggal 31 Juli 2019, Nama Pantai Bosur sah di tukar oleh Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Sedang jadi Pantai Cantik Pandan (PIP).

Pergantian nama pantai itu di laksanakan untuk tindak lanjuti inspirasi warga dan hilangkan kebimbangan warga yang menyangkutkan nama Pantai Bosur bernama pimpinan awalnya.

Hal ini mempunyai tujuan untuk menamai baru yang memikat pelancong supaya bertandang ke pantai ini. Mulai sejak itu, pantai Bosur di kenali dengan Pantai Cantik Pandan atau PIP.

Harga Ticket Masuk Pantai Bosur

Untuk berkunjung pantai ini Anda tak perlu repot bayar ticket masuk. Karena Anda dapat masuk ketempat ini dengan gratis.

Tidak ada retribusi per-orang tetapi untuk Anda yang memakai kendaraan untuk mobil, pengunjung di tanggung ongkos sejumlah Rp 5000, sementara untuk sepeda motor cuman Rp 3000 saja.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Bosur

Pantai Bosur atau pantai Cantik Pandan ini ada di Dusun Kelompok, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli tengah, Sumatera Utara.

Baca Juga :  Pantai Hamadi : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Untuk capai lokasi Pantai Pandan ini lumayan gampang. Ada banyak alternative jalur yang dapat Anda tentukan.

1. Lewat Lajur Udara

Sesampai di Lapangan terbang Kuala Namu, Anda segera saja meneruskan perjalanan ke Terminal Amplas untuk naik bis ke Terminal Tarutung.

Dari Terminal Tarutung Anda dapat ikuti jalur : Jalan Mayjen. D.I Panjaitan – jalan Lintasi Barat Sumatera – jalan Sudirman – Pantai Pandan.

2. Lewat Lajur Laut

Bila Anda ada di Dermaga Belawan, Anda segera saja meneruskan perjalanan ke Terminal Amplas untuk naik bis ke Terminal Tarutung. Disana tinggal ikuti jalur bis.

3. Lewat Lajur Darat

Anda mulai perjalanan dari Kota Tapanuli Utara lalu ke jalan Sibolga-Barus – Jl. Ade Irma Suryani Nasution – Jl. Sutoyo Siswomiharjo kemudian sampai di Pantai Pandan.

Untuk memudahkan perjalanan, Anda bisa juga memakai Google Maps ke arah Pantai Cantik Pandan.

Object Rekreasi Pantai Bosur

Sebentar sampai di Pantai Pandan atau Bosur karena itu Anda akan nikmati embusan sepoi-sepoi angin. Anda bisa juga isi berlibur dengan beragam aktivitas menarik.

1. Melingkari Teritori Pantai

Ada di Pantai Cantik Pandan, Anda dapat melingkari teritori pantai untuk melihat-lihat situasi pantai yang cantik.

Pantai Pandan ini mempunyai pasir yang paling lembut hingga benar-benar nyaman jika melingkari pantai ini dengan telanjang kaki.

Di samping itu, Anda bisa juga melingkari pantai dengan memakai sepeda yang menjadi satu di antara aktivitas hebat dan membahagiakan.

2. Bermain Air dan Berenang

Pantai Cantik Pandan mempunyai Ombak yang tidak besar dan air yang tenang hingga Anda dapat berenang sepanjang beberapa mtr. dari tepi pantai dengan aman.

Baca Juga :  Goa Tanding : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Gelombang di Pantai Pandan kecil karena pantai ini secara geografis berada di teluk. Hingga, gulungan ombak garang dari Samudera Indonesia menurun saat datang di pantai ini.

3. Menyaksikan Sunset di Pantai Bosur

Matahari tenggelam di Pantai Cantik Pandan mengagumkan elok. Anda bisa menyaksikan pemandangan ini mendekati senja dengan warna langit kuning keemasan di padankan dengan warna jingga yang mengagumkan.

4. Naiki Perahu

Bila Anda ingin berekreasi melingkari lautan, nelayan di sekitaran akan mendekati dan tawarkan Anda untuk berkeliling-keliling ke pulau sekitaran Pantai Cantik Pandan. Lewat perahu ini, Anda menyaksikan Batu Lobang atau Batu Gajah di ujung teluk.

Batu Gajah Batu besar sekali, bahkan juga sampai memiliki ukuran 2x truk dan memiliki bentuk seperti gajah. Tetapi untuk capai ke sana, Anda harus keluarkan kantong Rp 10.000 per-orang untuk sewa perahu dan saat yang di butuhkan untuk pulang pergi ialah 45 menit.

Di samping itu, bila Anda mempunyai beberapa waktu, Anda dapat bertandang ke Pulau Mursala dengan naiki perahu yang mempunyai air terjun elok, Teluk Tapian Nauli yang menyajikan tempat menyelam.

Di perlukan waktu 2 jam untuk dapat ke ke sana. Anda juga harus sewa kapal sekitaran Rp 2.000.000 untuk memuat 25 orang.

Fasilitas Pantai Bosur

Sarana umum di pantai ini termasuk cukuplah komplet. Sarana yang ada salah satunya:

1. Toilet

Salah satunya sarana penting ini sudah di siapkan di situ, jadi Anda tak perlu repot cari toilet di luar tempat pantai.

Baca Juga :  Pantai Caruban : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

2. Gazebo

Dengan di buatnya gazebo-gazebo, Anda dapat dengan rileks sekedar duduk sekalian nikmati panorama air laut, bentangan pasir putih dan langit biru yang memesona.

3. Tempat Parkir

Untuk Anda yang bawa kendaraan individu baik motor atau mobil, Anda tak perlu cemas, karena di situ sudah di siapkan tempat parkir yang cukup luas dan aman.

4. Warung dan Restaurant

Sepanjang Pantai Pandan ada beberapa rumah makan yang jual makanan seafood yang diolah dengan style ciri khas wilayah Sibolga atau Pandan yang unik di sini masakannya mempunyai cita-rasa Batak yang di gabung dengan sentuhan Minang

Salah satunya makanan yang unik di sini yakni Ikan Gulai yang sedap dengan kuah santan yang kental.

Di sekitar pantai ini ada beberapa pedagang yang menawarkan dagangannya dengan berkeliling-keliling atau warung yang dapat penuhi rasa lapar kamu di ketika bermain di tempat pantai.

5. Toko Souvenir

masih berada di teritori Pantai Cantik Pandan, di sini Anda akan mendapati beberapa toko yang jual souvenir.

Tidak komplet rasa-rasanya bila liburan tanpa bawa oleh-olehan, Anda dapat belanja oleh-olehan dari Bosur berbentuk kerajinan yang di buat dari kerang atau binatang laut yang di bikin dengan manual oleh masyarakat sekitaran.

Begitu pembahasan berkenaan rekreasi Pantai Bosur di Tapanuli tengah, Sumatera Utara ini.

Karenanya seharusnya selekasnya agenda-kan berlibur Anda untuk berkunjung Pantai Bosur. Di Sumatera Utara ada banyak pantai cantik yang lain dapat Anda kunjungi. Sebutlah saja salah satunya Pantai Sorake, Pantai Mutiara dan yang lain.

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Dapatkan Promo Paket Wisata Jogja dan juga Sewa Bus Jogja di HeppiTrip.com