Wisata kulineran

Makanan Khas Jogja Wisata Kuliner Maknyus Recommanded

Makanan Khas Jogja – Jogja adalah salah satu daerah yang ada di provinsi jawa tengah selain mempunyai pesona keindahan yang luar biasa, banyak obyek wisata  menarik untuk yang bisa di kunjungi oleh wisatawan.

Jalan jalan ke Yogyakarta kurang pas apabila tidak mencicipi makanan khas dari Jogja. Yang mempunyai cita rasa luar biasa kenikmatan makanannya membuat lidah selalu ingin mencicipi dan harganya yang cukup ramah di kantong wisatan.

Selain keindahan tempat wisata jogja berikut ada beberapa daftar makanan khas di Jogja.

Berikut daftar menu  makanan :

Nasi Gudeg

Adalah makanan yang berasal dari jogja, makanan ini sangat legendaris dari zaman dahulu hingga sekarang. Nasi gudeg ini sudah ada sejak tahun 1500 yang lalu. Ini bertepatan dengan berdirinya kerajaan mataram yang bernuansa islam. Makanan gudeg  ini bukan  dari makanan kerajaan melainkan makanan masyarakat biasa di daerah jogja.

Bahan dasar gudeg ini dari nangka muda atau kata orang jawa lebih dikenal dengan gori. Gori yang sudah direbus selama berjam jam sebelumnya. Dengan berbagai macam bumbu seperti gula jawa, santan, bawang putih, bawang merah, kemiri, daun salam,lengkuas daun jati.

Baca Juga :  Makanan Khas Rembang dan Harganya

Untuk gudeg memberikan warna coklat, gudeg yang berasal dari jogja akan memiliki rasa yang manis, rasa manis ini berasal dari gula merah.

Gudeng yang memiliki rasa manis cocok dengan lidah masyarakat jawa yang sangat menyukai rasa manis. Makanan nasi gudeg di hidangkan dengan sederhana diberikan tambahan telur atau opor ayam ditambah sambal  memberikan  rasa yang  lezatnya.

Meskipun nasi gudeng ini tergolong makanan sederhana, akan tetapi pecinta nasi gudeg dari berbagai kalangan  yang menyukainya, maka tak heran bila di jogja banyak pedagang yang menjual nasi gudeng.

Maka kita tidak kebingungan untuk  mencari pedagang yang menjual gudeg  hampir di semua jalanan sekitar jogja banyak sekali di penuhi oleh penjual nasi gudeng.

Gudeg juga memiliki beberapa macam jenis seperti gudeg basah kering khas dari jogja. Gudeng khas jawa timur, gudeg solo, gudeg khas surakarta

Untuk perbedaan gudeg basah dan kering yaitu gudeng kering lebih sedikit dalam menggunakan santan sedangkan gudeg basah lebih banyak menggunakan santan dan untuk warna gudeg  lebih coklat kemerahan  warna itu berasal dari daun jati.

Layanan Transportasi Pariwisata Jogja

Berikut beberapa pilihan layanan transportasi untuk kebutuhan wisatawan di Jogja yang kami sediakan..

Sewa Bus Jogja

  • Medium Bus
  • Big Bus
  • Bus SHD
  • Elf Short
  • Elf Long
  • Hiace Commuter
  • Hiace Premio

sewa mobil jogja

Sewa Mobil Jogja

  • Avanza
  • Innova
  • Innova Reborn
  • Alphard
  • Vellfire
  • Fortuner
  • Dll
Baca Juga :  9 Makanan Ciri khas Sukoharjo 

Sate Klatak

Adalah salah satu makanan khas dari daerah yogyakarta, sate klatak ini sudah ada dari tahun 1946.

jika sate biasanya di masak dengan beberapa macam bumbu atau sambal. Maka beda dengan sate khas jogja yang di masak dengan garam memang sate ini terlihat sederhana namun untuk rasa sangat lezatnya.

Maka tidak heran bila sate klatak ini banyak  di sukai oleh wisatawan yang sedang liburan di Yogyakarta. Warung yang menjajakan sate klatak ialah warung sate mbah ambyah, warung ini sudah berdiri sejak tahun 1946.

Sate klatak ini berbahan dasar daging kambing. Warung mbah ambyah ada di pasar jejeran lebih tepatnya berada di bawah pohon melinjo. Sekarang mbah ambyah sudah tiada usahanya ini di lanjutkan oleh anak anaknya.

Asal mula nama sate klatak  ini menurut sumbernya bercerita, dari daging kambing yang di bakar kemudian di beri taburan garam dan menghasilkan bunyi (kemretek).

Sate klatak ini di hidangkan dengan irisan kol, timun, tomat. Kematangan yang di peroleh sate ini sangat luar biasa tidak heran jika sate ini memiliki rasa yang lezat. Menambah selera makan bagi siapa yang mencicipinya untuk rasa sate klatak tidak di ragukan lagi.

Mie Pentil

Adalah salah satu makanan yang berasal  dari jogja, mie yang melegendaris hingga sekarang di jogja.

Baca Juga :  7 Oleh-oleh Khas Jogja Paling Nikmat

Asal mula nama mie pentil  ini di berikan karena mie tersebut mempunyai tekstur yang sangat kenyal seperti pentil. Mie ini memiliki kuning dan berbahan dasar dari tepung tapioka mie ini sudah ada sejak 1987 tahun yang lalu.

Anda bisa membeli mie pentil ini di pasar kota gede, pasar barongan, pasar jejeran dan sebagainya. Memang biasanya mie pentil ini di jual oleh pedagang  di pasar tradisiona yang ada di Yogyakarta salah satu rekomendasi penjual yang menjual mie pentil yaitu mbah mijem.

Mbah mijem ini setiap harinya membuat sendiri yang di jajakannya di bantu oleh suami biasanya mbah mijem ini membuat mie pentil saat sore hari, kemudian  di jajakan pagi harinya dalam proses pembuatan mie pentil memerlukan waktu selama 1jam lamanya.

Mbah mijem  sudah berdagang mie pentil sejak tahun 1987 dan masih menjaga resep turun temurun. Bahan untuk untuk membuat mie pentil yaitu tepung tapioka setiap harinya mbah mijem membuat 30 kg mie mbah mijem juga menjediakan 2 jenis mie  yaitu mie pentil kuning dan mie pentil putih.

Mbah mijem ini berjualan di pasar imogiri jogja dari pukul 06.00 sampai 09.00 pagi untuk 1 porsinya seharga RP.2000 mie pentil juga bisa di beli dalam bentuk perkilo, harga di sesuaikan  perkilonya.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles