Beranda Mobil Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Kredit

Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Kredit

0
Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Kredit

Seperti pembhasan sebelumnya bahwa memiliki sebuah mobil nampaknya sudah menjadi keharusan bagi orang yang memiliki mobilitas tinggi. Maka saat akan membelinya haruslah dengan pertimbangan yang matang.

Kali kita akan membahas tentang lebih lanjut tentang keuntungan dan kerugian saat membeli mobil bekas secara kredit.

DAFTAR ISI

Keuntungan Membeli Mobil Bekas Secara Kredit

Apa yang Anda akan lakukan ketika ingin memiliki sebuah barang, namun uang yang dibutuhkan belum cukup? Tentu alternatifnya adalah dengan mengajukan kredit.

Sama seperti barang lainnya, Anda juga dapat mengajukan kredit saat akan membeli sebuah mobil.

Tidak hanya pembelian secara tunai yang dapat membuat Anda untung. Tapi ada juga keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat membeli mobil bekas dengan cara kredit.

1. Bisa Membawa Pulang Mobil dengan Uang Terbatas

Ini adalah poin utama keuntungan saat Anda membeli mobil secara kredit. Hal ini juga yang menjadi daya tarik bagi sebagian besar orang yang memutuskan untuk membayar dengan cara kredit.

Banyak orang menginginkan dan membutuhkan mobil, tetapi uang yang dimiliki belum cukup untuk membeli mobil bekas. Akhirnya, alternatif yang digunakan adalah mengajukan kredit.
Perlu Anda ketahui juga, secara psikologis ternyata banyak orang merasa saat membeli mobil bekas dengan cara kredit terasa lebih menyenangkan dan lebih ringan.

Hanya dengan nominal uang yang terbatas, mobil yang Anda inginkan sudah langsung bisa dibawa pulang. Bahkan, Anda sudah bisa mengendarainya langsung hanya dengan membayarkan DP dari nilai yang telah disepakati.

2. Syaratnya Sangat Mudah

Proses yang cepat, sedikit uang yang diperlukan, dan syaratnya yang mudah. Siapa yang tidak mau?

Saat akan melakukan transaksi secara kredit, hal yang perlu Anda siapkan adalah uang dan berkas-berkas yang menjadi persyaratannya. Apa sajakah itu?

Umumnya Anda hanya perlu menyiapkan: fotokopi KTP, Kartu Keluarga (KK), Rekening koran 3 bulan terakhir, dan Slip Gaji.
Semua berkas itu digunakan untuk jaminan kalau Anda benar-benar ingin mengajukan kredit. Kesanggupan Anda dalam membayar kredit pun akan dilihat dari bukti slip gaji dan rekening koran yang anda serahkan tadi.

3. Mendapat Asuransi

Ketika Anda membeli mobil secara kredit, biasanya akan diarahkan untuk langsung mengasuransikannya. Bisa saja mobil bekas yang Anda akan beli malah sudah diasuransikan, sehingga

Anda nantinya hanya perlu melanjutkan pembayarannya.
Dengan diasuransikan, tentunya Anda akan merasa lebih untung sebab mobil bekas yang dibeli akan lebih terjamin.

Kerugian Beli Mobil Bekas Secara Kredit

Setelah kita bahas apa saja keuntungan pembayaran saat mengkredit mobil bekas, sangat adil bila kita juga membahas mengenai kerugiannya. Supaya lebih jelas, mari kita bahas kerugiannya pada poin-poin berikut:

1. Harganya Lebih Mahal

Disadari atau tidak, membeli barang dengan cara kredit tentu membuat barang tersebut jadi lebih mahal dari harga yang seharusnya. Kenapa hal itu bisa terjadi? Hal ini disebabkan karena bunga yang sudah dimasukkan ke dalam besaran cicilan yang akan diberlakukan.

Cobalah Anda menghitungnya lagi, jangan-jangan total harga cicilan yang harus Anda bayarkan hampir sama dengan harga mobil baru.

2. Pengeluaran Bulanan Anda Meningkat

Ketika sudah memutuskan untuk mengambil kredit mobil bekas, tentunya Anda pun harus menyediakan uang lebih setiap bulannya. Anda harus mencari pendapatan lebih untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dan juga membayar cicilan mobil dan bunga cicilannya.

Belum lagi bila ada kebutuhan mendadak. Anda mungkin akan kebingungan dalam membayar semuanya.

3. Mobil Bisa Disita

Pembayaran secara kredit bisa juga dikatakan mencicil. Dengan kata lain, barang yang Anda beli belum menjadi milik Anda seutuhnya.

Saat cicilan Anda mampet, hal terburuk yang akan Anda dapatkan adalah disitanya mobil tersebut. Penyitaan ini biasanya dilakukan sampai Anda dapat kembali membayar lunas tunggakan cicilan mobil itu.

Oleh sebab itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil secara kredit, maka Anda harus benar-benar mempertimbangkan kesanggupan untuk membayarnya. Anda harus benar-benar siap dengan segala risikonya.

Itu tadi hal-hal yang berkaitan tentang pembelian mobil bekas secara kredit. Sebaiknya sebelum Anda memutuskan pilihannya, Anda harus benar-benar memikirkannya matang-matang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here