Tempat Wisata

Kebun Binatang Gembira Loka : Lokasi dan Tiket Masuk

Kebun Binatang Gembira Loka sebagai kebun binatang yang berada di kota Yogyakarta, yang berisi beragam jenis hewan dari beragam spesies seperti orangutan, gajah asia, simpanse, harimau, dan ada banyak hewan yang lain.

Gembira Loka dahulu sempat hancur karena terserang gempa bumi di Yogyakarta di tahun 2006. Tapi sesudah diperbaiki kebun binatang gembiro loka tetap jadi tujuan pelancong untuk didatangi.

Nah kesempatan kali ini Alodia Tur bekerjasama dengan basis lowongan pekerjaan Jogja ingin mengulas lebih dalam berkenaan Gembira Loka Zoo. Yok kita saksikan semenarik apa kebun binatang yang ada di tengah-tengah kota Jogja ini 😀

Saat proses perpindahan ibu-kota negara dari Yogyakarta ke Jakarta pada tahun1949 dan sesudah selesainya Perang Dunia II, munculah sebuah gagasan untuk memberikan kenangan ke warga Yogyakarta berbentuk sebuah lokasi hiburan dari pemerintahan pusat oleh Januismadi dan Hadi, SH.

Gagasan itu jadikan warga Yogyakarta suka dan disongsong hangat oleh warga, tapi realisinya belum juga dirasa oleh warga. Sampai di tahun 1953 berdirinya yayasan Gembira Loka Yogyakarta yang dipimpin Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII, karena itu pembangunan Kebun Rojo yang dahulu pernah terlambat bisa diwujudkan kembali.

Daftar Isi :

Riwayat Kebun Binatang Gembira Loka

Riwayat awalnya pembangunan Gembira Loka datang dari kemauan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII di tahun 1933 untuk membuat lokasi hiburan, yang dinamakan Kebun Rojo.

Kemauan itu diwujudkan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan ditolong oleh Ir. Karsten, ia merupakan seorang arsitek Belanda. Ir. Karsten selanjutnya pilih lokasi pembangunan di samping barat sungai Winong.

Karena ia memandang sungai itu sebagai tempat terbaik untuk pembangunan Kebun Rojo. Tetapi, karena ada imbas Perang Dunia II dan wargaan oleh Jepang, pembangunan Kebun Rojo jadi stop.

Sekian tahun selanjutnya, persisnya pada tahun1959, KGPAA Paku Alam pilih Titrowinoto untuk meneruskan pembangunan Kebun Binatang Gembira Loka.

Tirtowinoto di putuskan karena di pandang mempunyai kesayangan pada alam dan ketertarikan yang besar untuk perubahan Kebun Binatang Gembira Loka.

Baca Juga :  Laut Bekah, Uluwatu Versi Jogja

Kesayangan dan ketertarikan besar untuk peningkatan Gembira Loka yang cukup banyak membuat Gembira Loka jadi berkembang benar-benar cepat. Pucuk mengembangnya Gembira Loka berada di tahun 1978 saat koleksi satwa yang di punyainya jadi makin komplet, hingga membuat pengunjung jadi tertarik dan bertambah.

Koleksi satwa yang di punyai Gembira Loka dari beragam spesies salah satunya ialah hewan mamalia yakni di Gembira Loka ada hewan Gajah Sumatra.

Ada banyak ekor gajah yang di perlihatkan bahkan juga dapat untuk di naiki, dan untuk manaiki gajah itu pengunjung harus bayar 10k. Di muka kandang gajah ada pula hewan lain yakni orangutan Kalimantan dan simpanse. Orangutan Kalimantan bertubuh yang tertutupi oleh rambut warna coklat kemerahan.

Ada pula ikan-ikan besar salah satunya Arapaima, Aligator Spatula, Tiger Catfish, dan Bawal. Bila Anda ingin therapy ikan, di Gembira Loka di siapkan kolam ikan yang di utamakan untuk therapy ikan dan akan di kenai ongkos Rp. 20k/orang.

Di sini di siapkan kolam tangkap untuk anak-anak yang ingin tangkap ikan dan akan di kenai ongkos 10k/anak. Selainnya ikan di Gembira Loka ada hewan tipe Reptil dan amfibi salah satunya ada katak, ular, kura-kura, buaya, dan ada banyak kembali spesies yang lain yang berada di Kebun Binatang Gembira Loka.

Baca Juga :  Pantai Sanur : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Lokasi

Lokasi Kebun Binatang Gembira Loka ini lumayan gampang untuk di raih karena ada dekat sama pusat Kota Jogja. Persisnya ada di Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Wilayah Spesial Yogyakarta

Jalur Ke arah Kebun Binatang Gembira Loka

Jalur ke arah Kebun Binatang ini benar-benar gampang di capai karena bisa di lintasi dari semua arah. Bila Anda dari pusat perkotaan Jogja ke timur melalui jl panembahan senopati terus jalan ke arah jl kusumanegara.

Selanjutnya lempeng terus melalui jl raya jogja sampai ke pertigaan selatan melalui jl kebun raya terus jalan karena itu Anda akan sampai ke Kebun Binatang Gembira Loka.

Jarak yang di lalui dari pusat perkotaan Jogja ke Kebun Binatang tidak jauh yakni sekitaran 3,9 km dan waktu pintas kendaraan normal beroda 2 dari pusat Kota Jogja ke Kebun Binatang Gembira Loka sekitaran 15 menit.

Harga Ticket dan Parkir Kebun Binatang Gembira Loka

Harga ticket untuk masuk ke Kebun Binatang ini cukup standard untuk hari weekday (Senin-Jumat) akan di kenai ongkos Rp. 25.000/orang.

Baca Juga :  Pantai Mandorak : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Untuk akhir pekan (Sabtu-Minggu) dan hari liburan pelancong akan di kenai ongkos Rp. 30.000 per orang, dan untuk high season di kenai ongkos Rp. 40.000 per orang

Dan harga ticket parkir yakni Rp. 2000 untuk kendaraan sepeda motor, Rp. 5000 untuk mobil, dan Rp. 10.000 untuk bis.

Sarana

Sarana yang berada di Kebun Binatang Gembira Loka lumayan komplet dan bisa membuat pengunjung berasa nyaman salah satunya:

  • Sangkar/rumah satwa
  • Tempat Bird Park
  • Reptil dan Amphibian Park
  • Sepeda air
  • Kereta mini keliling tempat kebun binatang
  • Laboraturium gembira loka (museum)
  • Kolam tangkap
  • Tempat ATV dan Sepeda trek
  • Perahu engkol (dayung/kayuh)
  • Kapal katamaran (dengan kaca untuk menyaksikan biota air)
  • Mayang tirta
  • Toilet
  • Tempat parkir luas
  • Free wifi zona
  • Tempat sampah
  • Tempat beribadah
Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com menyediakan sewa bus jogja murah.