Tempat WisataWisata Air

Ekowisata Mangrove Surabaya | Harga Tiket, Lokasi dan Aktifitas Menariknya

Ekowisata Mangrove Surabaya merupakan tempat wisata alam yang bertempat di jalan raya Wonorejo, kecamatan rungkut, Kota Surabaya. Ekowisata sendiri berarti suatu wisata yang berkaitan dengan lingkungan, dengan konsep memaksimalkan serta membudidayakan alam sekitar.

Mangrove atau nama lain bakau adalah jenis tanaman yang hidup tumbuh di sekitar pesisir pantai yang berguna mencegah terjadinya abrasi di senanjung pesisir pantai timur surabaya. Nah terdapat banyak sekali jenis tanaman bakau yang tumbuh subur di Ekowisata ini.

Selain tumbuhan berjenis bakau-bakauan seperti (Rizhophora mucronata, Rizhophora apiculata), api-api (Avicennia alba), pidada (Sonneratia caseolaris) yang tubuh subur di ekowisata ini. Akan tetapi tumbuhan budi daya yang lain juga subur hidup disini seperti waru larut (Hibiscus tilliaceus), tanjang (Bruguiera gymnorrhiza), nyamplung (Callophylum inophyllum), serta masih banyak tumbuhan-tumbuhan yang lainya.

Di tempat ini para pengunjung akan disuguhkan keindahan alam dengan magrove yang menghiasi sepanjang area serta dapat memperluas edukasi, wawasan dalam tanaman bakau.

Selain itu terdapat spot-spot foto dan jogging track di ekowisata ini yang juga menawarkan jasa keliling di sekitar wisata mangrove menggunakan perahu.

Ekowisata Mangrove Surabaya
Instagram.com/surabayasparkling

Daftar Isi :

Baca Juga :  Gunung Kukusan : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Harga tiket Ekowisata Mangrove Surabaya

Untuk memasuki kawasan jogging track pengunjung tidak dipungut biaya dengan kata lain gratis. Tetapi, para pengunjung harus menaiki perahu agar sampai ke kawasan hutan mangrove. Pada hari kerja (weekday), sewa perahu di berlakukan sistem paket yaitu harus ada 12 orang dalam satu rombongan. Dan tarifnya sebesar Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

Selain dengan sistem rombongan 12 orang, pengujung juga dapat menyewa satu kapal dengan tarif Rp 300.000 per kapal. Sedangkan pada akhir pekan (weekend) sistem paket ini tidak berlaku, karena pengunjung dapat bergabung dengan rombongan lainnya dalam satu kapal. Tarifnya masih sama yaitu Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

Alamat dan Rute Lokasi

Akses jalan menuju kawasan Ekowisata Mangrove Surabaya sangat baik, para pengunjung dapat menuju tempat ini menggunakan kendaraan. Baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum karena lokasinya cukup strategis.

Lokasi dan alamat Ekowisata Mangrove yang indah yaitu di Wonorejo, Kec. Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Aktifitas Menarik di Ekowisata Mangrove Surabaya

Menanam Mangrove

Menanam Mangrove
Instagram.com/mangrovewonorejo

Kegiatan yang menarik ditempat ini adalah edukasi menanam mangrove. Wisata edukasi tersebut banyak diminati oleh pelajar mulai dari tataran SD hingga perguruan tinggi. Akan tetapi, kegiatan ini hanya bisa dilakukan pada waktu weekday atau Senin -Jumat dan selain tanggal merah. Setiap peserta akan dikenai tarif sebesar Rp 5.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk bibit dan lubang menanam mangrove. Selain itu, para peserta penanaman juga akan mendapatkan paket edukasi pelestarian mangrove dari pihak pengelola.

Baca Juga :  Pantai Pulodoro : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Perlu diperhatikan, pengunjung yang berminat mengikuti edukasi penanaman mangrove ini harus melakukan reservasi paling lambat H-2. Dengan cara menghubungi nomor kontak yang tertera pada Instagram resmi Ekowisata Mangrove Wonorejo.

Jogging Track

Jogging Track Ekowisata Mangrove Surabaya
Instagram.com/didirsydi

Selanjutnya aktifitas yang sangat menarik di tempat ini yaitu Jogging track. Jogging track di Ekowisata Mangrove ini mempunyai panjang dua kilometer dengan dikelilingi tanaman yang rimbun. Beberapa fauna juga tinggal di area sekitar, seperti kepiting rawa. Para pengunjung juga dapat berkeliling di perairan menggunakan perahu.

Berkeliling Menaiki Perahu

Perahu Ekowisata Mangrove Surabaya
Instagram.com/avisar.k

Para pengunjung dapat berkeliling area hutan wisata mangrove Surabaya ini dengan menaiki perahu yang tersedia. Perahu akan menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 5 km selama 15 menit. Pemandangan di sekitar sangat indah dikelilingi rimbunnya hutan bakau. Untuk menikmati wisata perahu ini, pengunjung perlu membeli tiket terlebih dahulu.

 

 

 

 

 

Mazida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles