Air Terjun

Curug Ciherang Bogor, Wisata Air Terjun Eksotis

Curug Ciherang di Bogor salah satunya wisata alam yang beri kesegaran sekalian nikmati keelokan alam pegunungan. Air terjun yang mempunyai tiga jenjang dan bermacam sarana menarik.

Curug Ciherang kedengar kenal dalam telinga warga lokal atau luar kota. Wisata air terjun yang ini ada di teritori Kota Bogor yang populer dengan panggilan Kota Hujan. Banyak pelancong yang bertandang ke curug ini untuk habiskan berlibur dengan keluarga tersayang atau cari latar belakang photo yang unik dan elok untuk selanjutnya dibagi ke media sosial.

Panorama yang terlukis di object wisata ini sangat menarik dengan curug yang lain yang berada di Bogor. Curug ini memiliki daya magnet tertentu yang sanggup datangkan banyak pelancong. Karena terletak yang ada di sebuah hutan, curug Ciherang dikitari oleh pohon-pohonan hijau yang teduh dan teduh.

Air terjun dengan ketinggian lebih kurang 3 mtr. ini mempunyai debet air yang paling deras. Tercipta sebuah kolam di bawah air terjun. Batu-batuan sama ukuran yang bermacam-macam memimpin tempat tepi kolam dan air terjun itu. Air terjun di sini benar-benar dingin, Anda bisa bermain air di kolam bawah air terjun tetapi tetap harus berhati-hati karena batu yang Anda injak berlumut dan licin.

Daya Tarik Curuk Ciherang

Tiap curug memiliki kelebihannya semasing. Begitupun dnegan Curug Ciherang, Anda dapat nikmati panorama alam Bogor dari ketinggian. Selainnya tempatnya yang sejuk, panorama sekitaran curug juga pas untuk jadi tempat swafoto.

Kata ‘ciherang’ sendiri bermakna ‘air yang jernih’. Itu penyebabnya air terjun satu ini benar-benar jernih hingga dasar airnya bisa kelihatan secara jelas. Bukan hanya hanya itu, situasi asri dan sejuk berperanan penting sebagai pendamping kecantikan pemandangan curug. Beberapa daya magnet khusus air terjun Ciherang dapat Anda baca berikut ini:

1. Curug yang Unik

Yang membuat curug ini berlainan dengan yang lain yakni curug ini mempunyai tiga jenjang. Saluran air yang deras dan jernih mengucur setiap jenjangnya. Batu-batuan sama ukuran yang berbagai macam dan pohon-pohonan hijau yang mempersejuk menemani saluran air terjun yang deras itu.

Baca Juga :  Curug Nangga : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pelancong yang tiba bertandang selalu kerasan dengan pemandangan dan situasi yang disuguhi air terjun ini. Kekhasan yang dipunyai curug Ciherang akan membius tiap pengunjung yang tiba.

2. Mempunyai Dogma yang Membuat Ingin tahu

Banyak dogma yang bersebaran berkenaan curug satu ini. Warga sekitaran curug banyak yang yakini jika curug ini sebagai tempat pemandian beberapa bidadari dan raja. Selanjutnya diberitakan ada juga satu tempat misteri sebagai lokasi bertapa beberapa beberapa orang sakti.

Pernah ada juga narasi pelancong yang menyaksikan kemunculan makhluk astral di teritori sekitaran curug ini. Ada dogma yang tersebar jika air dari curug Ciherang sebagai air suci yang mempermudah seorang memperoleh jodoh.

Beritanya, bila seorang membersihkan mukanya sama air curug ini, karena itu jodoh akan selekasnya dia peroleh. Tidaklah aneh banyak pelancong muda mudi yang yakin dengan dogma itu hingga ramai-ramai tiba ke sini dengan keinginan agar selekasnya berjumpa jodohnya.

3. Panorama Alam yang Tidak ada Duanya

Untuk Anda yang jemu dengan panorama jalanan kota yang ramai dan padat, Anda dapat berkunjung object wisata ini karena tawarkan panorama yang tidak ada duanya. Icon Kota Bogor berbentuk Gunung Besar dan Pangrango akan kelihatan terang sejauh perjalanan ke arah curug ini.

Bukan hanya hanya itu, Anda akan melalui pemandangan perdesaan sejauh perjalanan ke arah lokasi.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Curug Ciherang

Curug yang mempunyai tempat selebar 73 hektar ini ada di Lajur puncak Bogor II, Propinsi Jawa Barat. Curug ini ada di ketinggian 900 mdpl dan mempunyai udara sejuk ciri khas pegunungan. Pemandangan alam berbentuk hutan dan pegunungan wilayah Bogor akan Anda jumpai di sini. Lokasi curug ini berada di Dusun Pupusjaya, Kecamatan Sukamakmur, Kota Bogor. Akses ke arah curug ini benar-benar gampang dilakukan.

Dari pusat Kota Bogor, curug Ciherang ini cuman memiliki jarak sekitaran 43 km saja. Anda cuman memerlukan waktu lebih kurang 2 jam perjalanan untuk ke arah lokasi bila dilalui dari pusat perkotaan Bogor.

Anda dianjurkan untuk sewa kendaraan atau memakai kendaraan individu saat bertandang ke sini karena tidak ada transportasi umum yang jalurnya langsung ke arah curug. Ada banyak jalur yang dapat Anda menempuh bergantung dari titik keberangkatan Anda. Jika Anda pergi dari Jakarta atau Depok, Anda memerlukan waktu sekitaran 3 jam.

Anda bisa mengawali perjalanan dari Sentul City atau dari Cibinong, selanjutnya Anda arahkan google maps ke arah Pasar Jonggol. Tidak jauh dari pasar itu, Anda telah tiba di pintu masuk curug. Jika Anda pergi dari Bandung, Anda bisa melalui Jl. Raya Cibogo – Ciranjang lalu melalui Jl. Cinangsi – Cibogo.

Kemudian Anda bisa arahkan kendaraan Anda ke wilayah Jonggol. Setelah tiba di wilayah Jonggol, Anda bisa memakai google maps atau menanyakan pada masyarakat sekitaran untuk ke arah curug itu. Curug itu ada tidak jauh dari wilayah Jonggol. Anda juga bisa menuju lokasi menggunakan jasa sewa bus jogja kami untuk tour dan wisata

Baca Juga :  Grojogan Watu Purbo : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

 

Harga Ticket Masuk Curug Ciherang Bogor

Saat sebelum pergi untuk liburan ke curug ini, Sebaiknya anda cari tahu info detil berkenaan waktu operasional dan ticket masuknya itu lebih dulu. Bila Anda ingin bawa oleh-olehan berbentuk bidikan photo dengan latar belakang yang baik.

 

Saat sebelum Anda pergi seharusnya Anda screenshot beberapa photo seseorang dari Instagram yang mempunyai pojok ambil photo yang cocok. Per Desember 2020, waktu operasional curug ini ialah tiap hari Senin – Minggu jam 07.00 – 18.00 WIB. Ticket masuk wisata air terjun ini dibanderol pada harga Rp. 40.000 per-orang.

Harga ticket itu berlaku untuk pengunjung anak-anak umur sepuluh tahun ke atas dan orang dewasa. Khusus untuk pengunjung anak-anak umur di bawah sepuluh tahun benar-benar tidak dikenai ongkos masuk atau cuma-cuma.

Meskipun kedengar kurang dapat dijangkau, tetapi tidak boleh salah, biaya itu telah mencakup semua ongkos sarana yang berada di curug. Anda tak perlu pusing keluarkan dana kembali bila ingin coba sarana yang berada di tempat curug. Ongkos parkir sepeda motor di curug ini Rp. 5.000, dan untuk parkir mobil dibanderol ongkos Rp. 10.000.

Tak perlu cemas karena kendaraan Anda ditegaskan aman di sini. Untuk Anda yang ingin habiskan berlibur semakin lama di sini, ada banyak pemondokan yang bisa Anda tentukan sebagai tempat bermalam.

Pemondokan itu berbentuk homestay, villa, hotel atau bungalow. Anda bisa pilih seperti keinginan dan kenyamanan Anda. Tentu saja disamakan dengan bujet. Anda perlu sediakan bujet sekitaran 100 ribu – 1 juta rupiah per malamnya.

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Curug Ciherang

1. Bermain Air dan Berenang di Tempat Curug

Anda dianjurkan untuk bawa baju tukar bila ingin bermain air atau berenang di kolam renang di tempat curug ini. Anda bisa sepuasnya bermain air di curug ini tetapi penting diingat jika walau air curug dan kolam renang di sini benar-benar jernih, Anda perlu kenali jika air curug ini benar-benar dingin. Yakinkan badan Anda pada keadaan bugar agar tidak sakit saat sampai di dalam rumah.

2. Nikmati Panorama dari Sarana Populer

Ada dua sarana terkenal di Curug Ciherang yang memiliki magnet tertentu di mata beberapa pelancong. Kehadiran dua sarana berbentuk rumah pohon dan jembatan menggantung yang dibuat dari kayu jadikan curug ini unik dan berlainan dari curug lainnya. Sarana rumah pohon dibuat di atas sebuah pohon besar dan diperlengkapi dengan tangga untuk dapat naik ke atasnya.

Baca Juga :  Grojogan Sewu Kulon Progo : Lokasi dan Harga Masuk

Selanjutnya, ada jembatan kayu menggantung yang menyambungkan pohon besar itu dengan sebuah tebing. Selainnya naiki tangga, Anda dapat melalui jembatan kayu menggantung itu untuk dapat sampai di dalam rumah pohon. Anda akan takjub dengan panorama landscape Kota Bogor yang disuguhi dan bisa Anda cicipi saat coba dua sarana yang terkenal ini.

3. Memburu Spot Photo di Tempat Curug

Curug Ciherang banyak memiliki spot photo yang memikat. Beberapa pencinta photografi tidak kesusahan memperoleh latar belakang photo yang baik. Spot photo di tempat air terjun benar-benar elok karena ada kombinasi batu-batuan dan pohon-pohonan yang menghiasnya. Spot photo di sarana rumah pohon dan jembatan menggantung juga bagus karena panorama Kota Bogor di atas terpajang riil.

4. Camping atau Bermalam di Villa

Untuk Anda yang ingin menginap di tempat curug baik di villa atau membangun tenda, Anda diharuskan bayar Rp. 15.000.

Ongkos itu telah terhitung gratis masuk kolam renang, jembatan menggantung, rumah pohon, kebun strawberry, air terjun, alat panggang/ BBQ, spot photo, dan odong – odong. Jika Anda ingin sewa tempat camping ground, Anda diwajibkan bayar Rp. 60.000 per-orang.

5. Santai Sekalian Nikmati Kulineran

Di tempat curug terdapat banyak warung minuman dan makanan pada harga yang dapat dijangkau. Untuk Anda yang tidak mau bermain air, Anda bisa duduk santai di gazebo-gazebo yang telah disiapkan sekalian pesan minuman dan makanan. Tetapi, Anda diwajibkan sewa gazebo itu. Bila tidak mau sewa gazebo, Anda bisa melangsungkan alas yang Anda membawa dari rumah.

6. Sewa Baju Hanbok Ala-ala Korea

Pengurus air terjun sediakan penyewaan baju hanbok untuk Anda fans korea. Hanbok sebagai baju tradisionil ciri khas Korea yang berwarna-warna. Hanbok ini dikontrakkan untuk digunakan beberapa pelancong sebagai baju photo sepanjang ada di tempat air terjun ini. Berpose di tempat wisata air terjun dengan menggunakan hanbok akan menambahkan keelokan hasil photo yang Anda peroleh.

Sarana yang Ada di Curug Ciherang

Curug ini telah mempunyai sarana yang termasuk lumayan komplet. Pengurus curug pastikan beberapa pelancong akan berasa kerasan dan nyaman untuk habiskan berlibur di sini dengan keluarga tersayang.

Untuk Anda yang bermain air di curug ini, pengurus telah mempersiapkan kamar tukar dan kamar basuh. Sarana umum lain seperti toilet, kamar mandi, warung makan, tempat parkir, tempat beribadah ada di sini.

Demikianlah informasi berkenaan daya magnet curug Ciherang yang sayang sekali bila dilewati. Saat sebelum Anda bertandang ke curug ini, janganlah sampai lupa untuk pastikan keadaan badan Anda dan keluarga semua sehat. Masalahnya udara dingin di curug ini akan menyerang badan Anda.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Rahman

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles