PantaiTempat Wisata

Candi Merak : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Candi Merak – Bila anda seseorang yang sukai liburan yang bukan hanya berlibur untuk bergembira tapi untuk memperoleh pengetahuan karena itu anda harus harus berkunjung rekreasi riwayat yang berada di Kota Yogyakarta namanya Candi Merak yang berada di Klaten Jawa tengah persisnya di Candi, Karangnongko, Desa I, Karangnongko.

Asal mula pemberian nama dari Candi ini sendiri ialah dulunya candi ini berupas sebidang tempat yang banyak sebuah pohon raksasa namanya pohon joho. Pohon joho berkembang dengan rimbunnya dan mengakibatkan banyak burung Merak menempati dan tidur di atas pohon tiap hari. Karena sangat tuanya usia pohon Joho, satu saat pohon joho ini roboh .

Maka di saat itu di bawah perakaran pohon besar, rupanya disimpan puing-puing sebuah candi yang diketemukan berbentuk arca dan batu-batuan. Karena pohon Joho yang tumbuh dijadikan sebagai rumah oleh burung merak sebab itulah candi ini diberi nama “Candi Merak”.

Keindahan arsitektur bangunan Candi Merak tidak kalah atas Candi-candi yang lain yang ada seperti Candi Sewu, Candi Prambanan dan Candi Plaosan. Candi ini berupa bujur sangkar sama ukuran 8,38 m x 8, 38 m dan tingginya capai 12 mtr..

Baca Juga :  Goa Rancang Kencono : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Menurut riwayat Candi Merak diketemukan sekitaran tahun 1925, yang disebut salah satunya candi warisan Hindhu dari kerajaan Mataram Kuno Wangsa Syailendra. Dan umurnya sama dengan candi Karangnongko yang lokasinya tak jauh dari Candi Merak. Konon candi ini sama dengan umurnya dengan candi Bima yang berada di Dieng.

Candi Merak dibuat dari sebuah candi induk dan 3 buah candi perwara. Saat dipugar candi induk telah memiliki badan 1/2 adapun atapnya masih berbentuk rekonstruksi. Ke-3 perwaranya menemani candi induk. Di bedeng candi induk ada sebuah Yoni dan Arca Ganesha yang ada arca Durga yang ada di lubuk candi. Adapun sebuah hiasan makara pada tangga yang bagus dan relief yang ada di sisi samping candi.

Candi ini sendiri dekat sama wilayah permukiman warga dan warga disekitaran candi memiliki karakter keramah tamahan yang bagus pada pelancong asing atau pelancong lokal. Hingga beberapa orang bertandang kesini karena mereka akan berasa nyaman dan kerasan bila bercakap bersama warga di daerah teritori candi.

Lokasi Candi Merak

Cholida

1 2Laman berikutnya
Baca juga konten kami di:
Komentar:
Array

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles