PantaiTempat Wisata

Candi Merak : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Candi Merak – Bila anda seseorang yang sukai liburan yang bukan hanya berlibur untuk bergembira tapi untuk memperoleh pengetahuan karena itu anda harus harus berkunjung rekreasi riwayat yang berada di Kota Yogyakarta namanya Candi Merak yang berada di Klaten Jawa tengah persisnya di Candi, Karangnongko, Desa I, Karangnongko.

Asal mula pemberian nama dari Candi ini sendiri ialah dulunya candi ini berupas sebidang tempat yang banyak sebuah pohon raksasa namanya pohon joho. Pohon joho berkembang dengan rimbunnya dan mengakibatkan banyak burung Merak menempati dan tidur di atas pohon tiap hari. Karena sangat tuanya usia pohon Joho, satu saat pohon joho ini roboh .

Maka di saat itu di bawah perakaran pohon besar, rupanya disimpan puing-puing sebuah candi yang diketemukan berbentuk arca dan batu-batuan. Karena pohon Joho yang tumbuh dijadikan sebagai rumah oleh burung merak sebab itulah candi ini diberi nama “Candi Merak”.

Keindahan arsitektur bangunan Candi Merak tidak kalah atas Candi-candi yang lain yang ada seperti Candi Sewu, Candi Prambanan dan Candi Plaosan. Candi ini berupa bujur sangkar sama ukuran 8,38 m x 8, 38 m dan tingginya capai 12 mtr..

Menurut riwayat Candi Merak diketemukan sekitaran tahun 1925, yang disebut salah satunya candi warisan Hindhu dari kerajaan Mataram Kuno Wangsa Syailendra. Dan umurnya sama dengan candi Karangnongko yang lokasinya tak jauh dari Candi Merak. Konon candi ini sama dengan umurnya dengan candi Bima yang berada di Dieng.

Baca Juga :  Goa Rancang Kencono : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Candi Merak dibuat dari sebuah candi induk dan 3 buah candi perwara. Saat dipugar candi induk telah memiliki badan 1/2 adapun atapnya masih berbentuk rekonstruksi. Ke-3 perwaranya menemani candi induk. Di bedeng candi induk ada sebuah Yoni dan Arca Ganesha yang ada arca Durga yang ada di lubuk candi. Adapun sebuah hiasan makara pada tangga yang bagus dan relief yang ada di sisi samping candi.

Candi ini sendiri dekat sama wilayah permukiman warga dan warga disekitaran candi memiliki karakter keramah tamahan yang bagus pada pelancong asing atau pelancong lokal. Hingga beberapa orang bertandang kesini karena mereka akan berasa nyaman dan kerasan bila bercakap bersama warga di daerah teritori candi.

Lokasi Candi Merak

Lokasi Candi ini di sebut cukup jauh dari Pusat Kota Yogyakarta karena memiliki jarak 33 km dan anda akan habiskan waktu perjalanan sekitaran 1 jam 5 menit.

Baca Juga :  Pantai Godeg : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Candi ini persisnya ada di Karangnongko, Desa I, Karangnongko, Kabupaten Klaten, Jawa tengah.

Jalur Ke arah Candi

Jalur Ke arah Candi Merak termasuk lumayan gampang dan anda cuman dapat memakai sepeda motor atau mobil. Dari Pusat Kota Yogyakarta, Mengambil Jl. Letkol Subadri ke Jl. Laksda Adisucipto/Jl. Raya Solo – Yogyakarta di Depok.

Mengambil arah timur di Jl. Panembahan Senopati ke Jl. Secodiningratan, terus kiri untuk meneruskan ke Jl. Panembahan Senopati/Jl. Sultan Agung, Teruskan untuk ikuti Jl. Sultan Agung, Lalui SuperIndo Sultan Agung, Belok ke kiri sesudah Ramain n’ Katsu, Lalui Grosir Digital Gajah Mada, Belok ke kanan ke Jl. Purwanggan, Belok ke kiri ke Jl. Ki Mangunsarkoro/Jl. Letkol Subadri, Teruskan untuk ikuti Jl. Letkol Subadri, Lalui Wana Artha Life, Belok ke kanan ke Jl. Kusbini.

Di Jl. Kusbini belok ke kiri dan jadi Jl. Langensari, Lalui Ayesha, Jl. Langensari belok sedikit ke kiri dan jadi Jl. Munggur, Belok ke kanan ke Jl. Laksda Adisucipto, Lalui Kreasi Cantik Wallpaper. Turuti Jl. Raya Solo – Jogja dan Jalan Yogya-Solo ke Jalan Bon Arum-Jogonalan/Jalan Deles Cantik di Klaten, Terus lempeng ke Jl. Laksda Adisucipto/Jl. Raya Solo – Yogyakarta, Teruskan untuk ikuti Jl. Raya Solo – Yogyakarta.

Baca Juga :  Bukit Panguk Kediwung : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Lalui Toko Harjono,Belok sedikit ke kiri, Langsung ke Jl. Raya Yogyakarta-Prambanan, Belok sedikit ke kiri ke arah Jl. Raya Solo – Yogyakarta/Jl. Yogya-Solo.

Masih tetap di Jl. Bon Arum-Jogonalan/Jl. Deles Cantik. Mengambil Jl. Basin – Karangnongko ke Jl. Candi Merak di Desa I, Belok ke kiri ke Jl. Bon Arum-Jogonalan/Jl. Deles Cantik, Belok ke kanan ke Jl. Bon Arum-Jogonalan/Jl. Deles Cantik/Jl. Klaten – Ngupit, Belok ke kiri ke Jl. Basin – Karangnongko, Langsung ke Jl. Jiwan, Belok ke kanan ke Jl. Candi Merak, Belok ke arah kanan untuk selalu di Jalan Candi Merak dan Arah berada di samping kiri.

Harga Tiket Masuk

Harga ticket Candi Merak Untuk masuk ke tujuan rekreasi ini tidak di ambil ongkos, beberapa pengunjung perlu isi buku tamu saja. Dan untuk ongkos parkir motor di kenai sejumlah Rp,2.000,- dan untuk mobil Rp. 5.000,-.

Sarana Candi Merak

Sarana Candi ini bisa di sebut tempat rekreasi riwayat yang mempunyai beberapa sarana dan servis untuk pelancong yang berkunjung salah satunya yaitu sebagai berikut :

  • Tempat Parkir kendaraan
  • Masjid
  • Kamar mandi / MCK
  • Pemondokan
Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles