CandiTempat Wisata

Candi Abang : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Candi Abang – Daerah Yogyakarta dan sekelilingnya seakan tidak bisa di pisah dengan yang bernama candi. Banyak ada candi-candi bercorak warisan agama Hindu atau agama Budha.

Satu di antaranya yang di sebut salah satunya candi unik di Yogyakarta ialah Candi Abang. Candi ini sebagai warisan agama hindu di saksikan dari di temukan Yoni yang di sebut lambang tertentu dari agama hindu.

Antiknya candi ini adalah candi yang terletak ada di perbukitan. Walau bukitnya tidak dengan tinggi Ratu Boko apa lagi Candi Ijo. Akan tetapi, menurut keyakinan agama hindu, lokasi yang tinggi sebagai lokasi yang suci atau bersemayamnya. Beberapa dewa yang ada, oleh karena itu Candi ini di buat di atas bukit.

Bukan hanya sampai di sana, masih ada banyak kekhasan lain yang hendak anda dapatkan di Candi Abang. Bila di lihat dari namanya yakni “abang” dalam bahasa jawa artinya “merah” karena itu kamu akan menduga bila Candi ini berwarna merah.

Candi Abang sekarang ini telah berbentuk puing-puing yang tidak dapat dipugar seperti candi-candi yang lain hingga puing-puing candi ini membuat gundukan dari beberapa sisa material yang ada.

Baca Juga :  Candi Ratu Boko - Kemegahan di Bukit Penuh Kedamaian

Gundukannya juga cukup tinggi dan membuat seperti bukit kecil yang unik dan tertutup rumput-rumputan hijau saat musim penghujan tiba. Hingga gundukan berikut sebagai daya magnet pelancong berkunjung ke Candi ini.

Pelancong bisa naiki gundukan itu sampai samapi pucuk dan menyaksikan panorama sekitaran yang di kuasai oleh sawah apabila anda untung anda akan menyaksikan gagahnya Gunung Merapi di atas gundukan Candi.

Seterusnya kekhasan Candi ini berada pada materialnya yakni batu merah atau batu bata merah, sama sesuai namanya Candi Abang dari warna materialnya yang berwana merah bata.

Material batu bata merah biasa di pakai candi-candi yang ada di luar wilayah Yogyakarta seperti sejumlah candi di Jawa Timur. Di samping itu Candi ini mempunyai dogma yang di percayai oleh warga di tempat, kabarnya Candi Abang di jaga oleh “penunggu” yang selalu jaga Candi ini masih tetap aman dari teror apa saja khususnya musibah. Si penunggu itu namanya Kyai Jagal yang bertubuh yang besar dan rambut yang panjang.

Daftar Isi :

Baca Juga :  Pantai Canggu : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Lokasi Candi Abang

Lokasi Candi Abang ada di samping timur kota Yogyakarta dan ada di atas bukit kecil dengan panorama yang cantik dan banyak pohon-pohonan yang lebat.

Berlainan dengan Candi Ijo yang ada diperbukitan dengan daratan tinggi, Candi ini ada di daratan rendah tetapi ada di bukit kecil yang membubung.

Alamat Candi ini persisnya ada di Desa Sentonorejo, Dusun Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jalur Ke arah Candi Abang

Jalur ke arah Candi ini dari arah kota Yogyakarta mempunyai kondisi jalan yang baik. Jalanan dengan kondisi naik dan cukup sempit cuman akan di lewati saat telah capai bukit tempat Candi Abang ada.

Candi ini bisa anda di lalui dari arah kota Yogyakarta. Untuk jalur dari Kota Yogyakarta anda harus tempuh perjalanan ke arah Jalan Jogja-Wonosari. Sampai pertigaan Piyungan lalu anda belok kiri atau ke arah arah utara masuk Jalan Prambanan-Piyungan sampai menemui papan nama Candi Abang di persilangan Berbah aanda belok ke kiri terus turuti jalan sampai anda menjumpai bukit kecil dan memulai di titik ini jalanan mulai naik sampai hingga di Candi tersebut. Disamping itu, dari arah kota Yogyakarta anda ke arah JEC dan persilangan Blok-O ketimur turuti jalan Berbah sampai menemui bukit Candi ada.

Baca Juga :  Desa Wisata Pentingsari : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Jarak dari Kota Jogja ke Candi ini lebih kurang ialah 13 KM dan waktu pintas normal kendaraan motor dari Kota Jogja ke arah Candi ini sekitaran 34 menit.

Harga Tiket Masuk

Harga ticket masuk Candi Abang bisa di sebutkan masih dapat di jangkau untuk semuanya kalangann. Agar bisa masuk ke tempat Candi sekarang ini anda di kenai ongkos sejumlah Rp. 5.000. Dan untuk harga parkir Candi ini anda perlu keluarkan Rp. 2.000 untuk kendaraan sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk kendaraan mobil.

Sarana

Sarana yang ada di Candi ini bisa di sebutkan harus di pertingkat agar semakin penuhi keperluan pelancong yang bertandang. Ingat jarak dari tempat parkir dan lokasi Candi lumayan jauh. Sekarang ini sarana di Candi Abang salah satunya ialah:

  • Papan Info Riwayat Candi
  • Toilet yang ada di dekat tempat parkir
  • Parkir
Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles