MuseumTempat WisataYogyakarta

Berikut Museum Sonobudoyo, Wisata Edukasi Dekat Malioboro dan Alun-Alun Utara.

Museum Sonobudoyo merupakan museum yang berlokasi di pusat kota, berada dalam lokasi yang strategis. Serta berada dalam lingkungan Pusat Budaya Yogyakarta yang banyak mendapatkan perhatian dari berbagai pihak baik dari dalam maupun luar negeri.

Bangunan Museum Sonobudoyo merupakan rumah joglo dengan arsitektur masjid keraton kesepuhan Cirebon yang di desain oleh Ir. Th. Karsten. Keberadaannya sangat erat dengan sebuah yayasan masa Kolonial Java Institut dibidang kebudayaan Jawa, Madura, Bali, dan Lombok sebagai pencetus berdirinya Museum ini. Sonobudoyo diresmikan pada tanggal 6 November 1935 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VIII dengan ditandai Candrasengkala “Kayu Winayang Ing Brahmana Budha”. Yaiitu angka tahun 1866 Jawa atau tahun 1935 masehi.

 Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo sendiri bisa disebut museum yang memiliki jumlah koleksi terbanyak di Yogyakarta, yaitu kurang lebih berjumlah 43.263 buah. Koleksi tersebut berupa macam-macam benda artefak mulai dari batik, keris, arca zaman klasik, keramik, gerabah senjata tradisional, hingga keramik kuno, dan masih banyak lagi.

Ada dua Unit Museum Sonobudoyo di Yogya yaitu unit 1 dan 2. Museum Sonobudoyo Unit I terletak di Jalan Trikora No. 6 Yogyakarta. Sementara Unit II berada di Ndalem Condrokiranan, Wijilan, di sebelah timur Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta.

Sedikit berbeda, Sonobudoyo Unit I terdiri dari Ruang Pamer Tetap, Ruang Pamer Temporer (ex-Koni), Ruang Pagelaran Wayang, dan Gedung ex-koleksi. Sedangjan Sonobudoyo Unit II terdiri dari Ruang Storage dan Ruang Perkantoran Pegawai Sonobudoyo.

Unit 2 yang terletak di bagian utara Alun-Alun Utara dari Keraton Yogyakarta itu pada malam hari juga menampilkan pertunjukkan wayang kulit dalam bentuk penampilan aslinya. Yaitu dengan menggunakan bahasa Jawa diiringi dengan musik gamelan Jawa. Pertunjukan wayang kulit ini tampil secara ringkas dari jam 20.00-22.00 WIB setiap malam pada hari kerja yang ditujukan untuk para turis asing maupun turis domestik.

Museum Sonobudoyo
Instagram.com/edza.tamara

Daftar Isi :

Baca Juga :  Tips Merawat Mobil Diesel, Jangan Sampai Salah!

Alamat Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo Unit 1 (Gedung Pamer) : Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Museum Sonobudoyo Unit 2 (Kantor) : Jl. Wijilan No.27D, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131

Rute Menuju Lokasi

Jika dari perempatan kantor Pos Besar ke arah selatan menuju pertigaan Alun-alun Utara. Jarak dari pertigaan Alun-alun Utara ke arah kanan (barat) tersebut sekitar 100 meter. Nah Museum Sonobudoyo Unit 1 berada di kanan jalan (utara jalan) dari pertigaan tersebut.

Jam Operasional

Selasa – Kamis: pukul 08.00 – 15.30

Sabtu – Minggu: pukul 08.00 – 15.30

Jumat: pukul 08.00 – 14.00

Untuk hari Senin & Hari Libur Nasional, Museum Sonobudoyo Tutup.

Harga Tiket Museum Sonobudoyo

Perorangan

  • Dewasa: Rp. 3.000,-
  • Anak-anak : Rp.  2.500,-

Rombongan

  • Dewasa: Rp. 2.500,-
  • Anak-anak : Rp. 2.000,-

Wisatawan Asing: Rp. 5.000,-

Menariknya jika sudah membeli tiket di Sonobudoyo Unit 1, tiket dapat di pakai lagi untuk mengunjungi Museum Sonobudoyo Unit II. Dengan kata lain tidak perlu membeli tiket lagi untuk Museum Unit 2.

Baca Juga :  Pantai Pulodoro : Lokasi dan Harga Tiket Masuk
Mazida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles