Tempat Wisata

Batu Alien Cangkringan : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Batu Alien Cangkringan – Haii gaes sudah di Jogja tetapi tetap kebingungan ingin rekreasi ke mana? Don’t worry ya ini kali ada tujuan yang memikat banyak pelancong, bukan hanya pelancong lokal tetapi pelancong luar negeri banyak berkunjung tujuan itu.

Sekarang ini ada tujuan rekreasi baru sebutlah saja Batu Alien Cangkringan. Anda tentu ingin tahu kenapa dapat disebutkan Batu Alien Cangkringan kan?

Dulu batu besar ini ialah saksi bisu garangnya erupsi yang terjadi pada tahun 2010 lalu, hingga batu besar ini terbawa arus lahar panas dan mengakibatkan batu besar itu memeiliki wujud yang aneh tidak teratur karena itu banyak warga disitu yang menjuluki batu besar ini batu Alien.

Dari kata Alien sendiri ini memiliki arti “Alihan” di mana batu besar tersebut berpindah dari satu tempat ketempat lainnya karena terbawa oleh lahar panas dari gunung merapi.

Banyak tempat yang unik karena Erupsi Gunung Merapi hingga warga setempat menjadikan tempat tujuan rekreasi yang unik, menarik dan instagramable banyak perhatian pelancong terutamanya golongan milenial. Tetapi, sayang tempat ini belum demikian di urus dan di rawat.

Tujuan rekreasi batu alien cangkringan bukan hanya menyajikan panorama batu tetapi menyajikan beberapa pelancong panorama alam dan angin spoi-spoi, walau tempatnya panas tetapi tetap berasa sejuk karena panoramanya yang asri.

Kegiatan yang dapat dilakukan di batu alien ini ialah berpose tentunya, untuk anda yang menyukai photografi tempat ini benar-benar pas untuk ambil gambar karena panorama yang eksotik dan softtracking karena bila anda ingin nikmati panorama yang sejuk dan menyaksikan bongkahan batu besar yang dipanggil Batu Alien anda harus naiki bukit.

Daftar Isi :

Baca Juga :  Pantai Maruni : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Lokasi

Lokasi Batu Alien Cangkringan ini berada di Jambu, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Wilayah Spesial Yogyakarta 55583. Akses untuk ke arah tujuan ini sangat gampang, anda dapat menggunkaan kendaraan roda 2 atau roda 4.

Jarak dari pusat perkotaan Yogyakarta ke arah Batu Alien Cangkringan sekitaran 28,4 km dan tempuh waktu sekitaran 1 jam.

Jalur Ke arah Batu Alien Cangkringan

Jalur ke arah Batu Alien Cangkringan lumayan gampang apabila dari pusat perkotaan lempeng mengarah utara selanjutnya belok masuk Jl. Mayor Suryotomo ke arah arah barat, seterusnya anda dapat belok ke kanan ke Jl. Mas Suharto Jambul.

Selanjutnya masuk ke Jl. Tukangan, lempeng sampai bertemu Jl. Yos sudarso lalu belok ke kiri mengarah Jl. Suroto, lempeng sampai bertemu bundaran UGM belok ke kiri ke jalan terban dan belok ke kanan mengarah Jl. Persatuan.

Anda lempeng terus menikuti jln besar hingga anda masuk ke jl. kaliurang, pertigaan nasi goreng podomoro belok ke kanan mengarah Jl. Terakhir, pertigaan Jl. Terakhir lempeng saja ke Jl. Meces.Pokoh sampai bertemu pertigaan lempeng kembali mengarah Jl. Pakem-kalasan mentok di pertigaan Lotek Dan Kupat Tahu Bu Wati belok ke kanan. Lempeng ikuti jalan besar.

Baca Juga :  Puro Pakualaman : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pertigaan pertama belok ke kiri dan pertigaan ke-2 belok ke kanan dan lempeng sampai mentok pertigaan belok ke kiri mengarah Jl. Wukirsaris. Selanjutnya lempeng bertemu perempatan belok ke kanan mengarah Jl. Cangkringan.

Lempeng sampai anda mendapati pertigaan lalu belok ke kiri. Lempeng kembali sampai mentok bertemu pertigaan selanjutnya belok ke kiri masuk ke Jl. Raya Kapuharjo-Cangkringan. Selanjutnya lempeng ikuti jalan besar bertemu perempatan lempeng saja mengarah Jl. Petung Merapi.

Lantas anda masih tetap lempeng bertemu pertigaan belok ke kiri dan masih tetap di jl. Petung Merapi. Selanjutnya belok ke kanan sedikit di pertigaan bercabang. Lempeng dan belok ke kiri di pertigaan ke arah Jl. Kaliadem Raya.

Lempeng sampai mentok belok ke kanan dan pertigaan pertama belok ke kiri. Selanjutnya anda tinggal lempeng mengarah utara dan anda telah datang di Batu Alien Cangkringan.

Harga Ticket dan Parkir Batu Alien Cangkringan

Harga ticket masuk Batu Alien ini terbilang sangatlah dapat dijangkau yaitu anda cukup bayar Rp 5.000/orang. Untuk anda yang bawa mobil maka dikenai ongkos parkirnya sejumlah Rp 5.000 sama.

Baca Juga :  Curug Kaliurip Purworejo : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Yang bawa sepeda motor cukup mempersiapkan uang Rp 2.000 untuk memarkir kendaraannya. Ticket masuk yang paling berteman tidak menggelisahkan pengunjung.

Sarana Batu Alien Cangkringan

Sarana Batu Alien ini belum komplet karena belum terlampau di urus dan diperhatikan oleh pemerintahan di tempat. Tetapi anda dapat bawa makanan sendiri dan menikmatinya disitu tapi tetap harus menjaga kebersihan dan tidak boleh buang sampah asal-asalan ya.

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com menyediakan sewa bus jogja murah.