Air Terjun

Air Terjun Tuwondo

Di Kabupaten Bantul memang banyak tujuan rekreasi salah satunya yakni Air Terjun Tuwondo. Air Terjun Tuwondo ialah air terjun yang masih juga dalam pegembangan objek rekreasi yang berbasiskan perdesaan.

Asal mula nama dari Air Terjun ini berasar dari kata “tu” yang memiliki makna watu alias batu dan kata “ondo” yang memiliki makna tangga.

Di sebut semacam itu karena air terjun ini bertingkat dan seperti tangga. Air terjun ini memiliki wujud air terjun dengan tingkat tiga dan terbelah jadi dua saluran. Pada tiap jenjangnya memiliki ketinggian sekitaran 3 sampai 5 mtr..

Di sekitaran air terjun ini ada pohon jati dan juga semak ilalang. Batu-batuan yang ada di saat perjalanan ialah batu andesit dan batu kapur. Saat ada di teritori rekreasi bisa banyak di laksanakan anjuran untuk memerhatikan larangan yang ada di dinding batu sekitaran air terjun.

Cuaca sangat memengaruhi debet air di Air Terjun Tuwondo. Bila musim penghujan, saluran air akan deras dan kelihatan benar-benar cantik.

Tetapi bila musim kemarau air terjun ini kering hampir tanpa air. Air ini memanglah tidak demikian jernih bila di banding sama air terjun yang berada di Bantul lain atau Kulon Progo. Di teritori ini air warna sedikit kecoklat-coklatan merah karena ada partikel lembut dari tanah merah yang terdapat banyak air terjun.

Baca Juga :  Berpetualang di Wisata Alam Curug Cilember Bogor

Disamping itu ada juga pengendapan tanah yang tidak tenggelam di dasar saluran air terjun. Saat sebelum teritori ini di buka sebagai teritori rekreasi, air terjun ini ialah tempat untuk mandi ternak beberapa masyarakat di tempat. Tetapi karena menyaksikan kawsan yang paling prospektif untuk tempat rekreasi karena itu masyarakat di tempat stop memandikan sapi di teritori ini karena kegiatan itu pasti mengusik beberapa pengunjung.

Lokasi

Lokasi Air Terjun Tuwondo ini telah terhitung bagus dan gampang untuk di lakukan oleh beberapa pengunjung ke arah Air Terjun. Tetapi lokasi Air Terjun ini cukup jauh dengan pusat perkotaan Yogyakarta.

Alamat Air Terjun persisnya ada di Daerah Kurang kuat Abang, Desa Banyakan, Dusun Situmulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jalur Ke arah Air Terjun Tuwondo

Jalur ke arah Air Terjun ini benar-benar gampang untuk di capai. Bila anda dari pusat Kota Yogyakarta ke timur melalui Jalan KH. Ahmad Dahlan ke arah Jalan Panembahan Senopati, selanjutnya di perempatan ke selatan ke Jalan Brigjen Katamso. Lalu sampai pertigaan ke timur ke Jalan Kolonel Sugiyono, lempeng lanjut di pertigaan ke selatan ke arah Jalan Sisisngamangaraja. Selanjutnya terus jalan ke arah Jalan Imogiri Barat, lalu sampai di perempatan ke timur ke Jalan Nasional III. Lempeng lagi hingga di perempatan ke selatan ke Jalan Imogiri Timur, selanjutnya lempeng terus masih tetap di Jalan Imogiri Timur. Sampai di perempatan ke timur ke arah Jalan Monumen Perjuangan. Lalu lempeng lagi hingga di perempatan ke selatan ke Jalan Pleret, di pertigaan ke timur ke Jalan Sitimulyo Segoroyoso, selanjutnya turuti jalan terus yang ada sampai anda akan sampai di Air Terjun Tuwondo.

Baca Juga :  Air Terjun Kedung Kayang

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Air Terjun cukup dekat yakni sekitaran 14,3 Km dan waktu pintas normal kendaraan motor dari pusat Kota Jogja ke arah Air Terjun Tuwondo sekitaran 34 menit.

Harga Ticket dan Parkir Air Terjun Tuwondo

Karena tempat wisata ini masih di atur oleh warga di tempat dalam masalah ini ialah pemuda karangtaruna, karena itu di teritori ini tidak mempunyai ongkos sah untuk masuk atau parkir di rekreasi Air Terjun ini. Sebagai tukarnya beberapa pengunjung akan bayar ongkos sesukarelanya untuk lebih memajukan teritori rekreasi Air Terjun Tuwondo ini.

Sarana

Teritori Rekreasi Air Terjun Tuwondo ini belum mempunyai kelengkapan sarana yang cukup. Di sini cuman ada banyak tempat duduk panjang yang di buat dari bambu yang di siapkan untuk istirahat dan sekedar duduk beberapa pengunjung. Walau sarana di sini masih termasuk kurang, disekitaran lokasi Air Terjun ini masih tetap ada kamar mandi umum yang bisa di pakai oleh beberapa pengunjung.

Baca Juga :  Ciwangun Indah Camp : Lokasi dan Harga Tiket Masuk
Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Rahman

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles