Wisata kulineran

6 Referensi Ciri Khas Kuliner Aceh Paling Lezat

di bungkus   Kuliner khas Aceh – Genjosholiday.com : Sebagai wilayaah Indonesia yang berada paling barat, Aceh mempunyai panggilan sebagai Serambi Mekkah karena wilayah ini mempunyai situasi keagamaan, keimanan, dan ketaqwaan yang paling kental.

Sama seperti seperti pada wilayah yang lain, di Aceh Anda bisa juga mendapati banyak kulineran atau makanan yang dapat di cicipi. Masalah rasa pasti tidak kalah dari wilayah yang lain.

Karena kota ini disebutkan Serambi Mekkah, Maka dari itu kalian tidak perlu khawatir akan ke halalan makanan dan minuman ciri khas Aceh tersebut karna di jamin halal 100%, karena Aceh mengaplikasikan ketentuan berdasar syariat-syariat Islam.

Daftar Kuliner Khas Aceh

Untuk Anda yang telah tiba ke Aceh, belum afdol rasa-rasanya bila belum mencicip makanan ciri khas Aceh di bawah ini. Apa saja itu? Silahkan baca ulasan dan pembahasan secara lengkap :

Kuah Pliek

Kuah pliek atau yang di sebutkan Kuwah pliek sebagai kuliner khas Aceh yang seperti gulai. Namun, bahan pembikinan dan proses pembikinannya sedikit berlainan.

Untuk membikin kuwah pliek, memerlukan bahan dasar ampas dari tersisa minyak kelapa tua yang minyaknya telah lewat proses pemerasan.

Baca Juga :  Makanan Khas Jepara

Umumnya di dalam kuah pliek ada daun melinjo, bunga melinjo, kacang tanah, kacang panjang, daun singkong, dan rebung kecombrang. Untuk pencinta kulineran pedas, karena itu wajib buat mencicip makanan yang ini, di jamin Anda akan ketagihan.

 

Mie Aceh

Referensi kulineran ciri khas Aceh setelah itu mie aceh yang sangat populer dimana saja. Sesuai namanya, makanan yang ini dengan bahan dasar mie tetapi dengan rasa yang pedas yang oke.

Tetapi sebaiknya, agar Anda memperoleh rasa mie aceh yang ternikmat silahkan tiba langsung ke Aceh. Di sini, Anda dapat mencicip mi dengan kombinasi telur, daging ayam, kepiting, cumi-cumi dan makanan yang lain yang pasti dapat membuat lidah bergoyang.

Mi Aceh dapat di hidangkan dengan di masak atau di rebus, silahkan tentukan saja sesuai dengan selera Anda. Mie yang ini bisa secara mudah di ketemukan khususnya di tukang berjualan nasi goreng karena nasi goreng dan mie aceh umumnya di pasarkan secara bertepatan.

 

Rujak Aceh Juga Masuk dalam Kuliner Khas Aceh

Rujak tidak cuma berada di Jawa saja, Anda bisa juga memperolehnya di Aceh. Sudah tentu rujak Jawa dan rujak Aceh itu berlainan.

Baca Juga :  Makanan Khas Jogja Wisata Kuliner Maknyus Recommanded

Rujak Aceh itu tidak cuma manis, tetapi pedas dan asam hingga nano nano rasanya di mulut. Disamping itu, rujak Aceh juga sedap dan fresh saat telah masuk ke mulut.

Rujak Aceh Samalanga sebagai yang paling ciri khas. Karena ada tambahan buah rumbia sebagai buah ciri khas dari wilayah Aceh. Siang hari di saat terik panas ialah saat yang terbaik untuk mencicip rujak Aceh.

 

Timphan Pisang

Salah satunya kue ciri khas Aceh yang harus Anda cicip ialah thimpan pisang. Kue yang ini sebagai salah satunya jajan pasar yang umumnya dihidangkan bersama kopi.

Cara membuat kue ini yaitu dengan pengukusan. Memiliki bentuk panjang, gepeng, dan umumnya di buntel dengan daun pisang.

Rasa kue ini manis legit hingga paling cocok memang di hidangkan bersama pahitnya kopi hitam. Saat Anda ada di Aceh dan kebenaran bermalam, sesudah bangun tidur saat pagi hari harus mencicip timphan pisang bersama satu gelas kopi dan rasakan kepuasannya.

Adee

Pilihan kue ciri khas Aceh yang lain ialah kue adee. Kue ini hanya dapat Anda dapatkan di Aceh, khususnya di Kabupaten Pidie Jaya.

Karena di sejauh warung yang ada di Pidie Jaya, Anda dapat secara mudah menempukan kue adee. Sama seperti seperti kue timphan, kue yang ini pas jadi rekan ngopi saat pagi hari atau sore hari.

Baca Juga :  Makanan Khas Demak Wisata Kuliner Maknyus Recommanded

Jika kalian ingin membeli kue adee ini kalian bisa mengunjungi sentral toko adee milik Kak Nah, Di samping itu kue ini juga bisa di daptkan di pasar tradisional.

 

Kuliner Khas Aceh : Ayam Tangkap

Di Aceh, Anda pun harus coba mencicip ayam tangkap dengan cita-rasa yang pedas, renyah, dan nikmat bersatu jadi satu. Ayam tangkap di hidangkan bersama daun kari, daun pandan, daun temurui atau daun salam koja komplet dengan cabe hijau dan daun yang sudah di masak kering.

Makan ayam tangkap menjadi rutinitas dan kebudayaan untuk warga Aceh. Oleh karena itu, saat tiba ke Aceh jangan sampai melewati untuk mencicip kulineran ayam yang ini.

Yang buat masakan ayam tangkap jadi sedap karena ada rempah-rempah ciri khas menjadi satu diantara bumbu yang  ada. Tanpa rempah-rempah ini, kemungkinan rasa ayam tangkap tidak begitu sedap.

Demikian artikel mengenai kuliner khas aceh dari kami. Itu ia beberapa referensi kulineran ciri khas Aceh yang jangan untuk di lewati. Anda dapat mencicipinya langsung, atau di bungkus bawa pulang ke rumah

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Rahman

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles